Sukses


Liga 1: Lengkapi Kuota Pemain Asing, PSS Perpanjang Kontrak Jihad Ayoub?

Bola.com, Sleman - PSS Sleman baru memiliki lima pemain asing. Mereka adalah Yevhen Bokhashvili, Thales Lira, Jonathan Bustos, Kei Sano, dan Anthony Pinthus. Empat nama terakhir baru didatangkan pada bursa transfer musim 2023/2024.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi menerapkan sejumlah regulasi baru untuk kompetisi musim mendatang. Satu di antaranya terkait penggunaan pemain asing di setiap kontestan tim.

Jika sebelumnya klub Liga 1 diizinkan mendaftarkan empat pemain asing, dengan satu di antaranya khusus untuk pemain Asia. Kini bertambah menjadi enam dengan skema 5+1 atau lima pemain asing bebas dan satu dari Asia Tenggara (ASEAN).

Mengacu regulasi tersebut, PSS Sleman masih memiliki satu kuota yang belum terisi. Rumor berembus, satu slot pemain impor tersisa bakal diisi oleh gelandang asal Lebanon, Jihad Ayoub.

Jihad Ayoub bukan wajah baru buat publik Sleman. Dia merupakan pemain asing PSS musim lalu, yang kontraknya habis per 31 Maret 2023. Namun, sampai saat ini memang belum ada pernyataan resmi klub tentang status pemain berusia 28 tahun tersebut.

2 dari 5 halaman

Bukan Debutan di Liga 1

Beberapa waktu lalu, Bola.com sempat berbincang dengan Public Relations PSS Sleman, James Purba terkait satu pemain asing yang bakal didatangkan Laskar Sembada. Saat itu, James memang enggan membocorkan identitas sang pemain. Dia hanya mengatakan, sosok penggawa impor PSS bukanlah wajah baru di persepakbolaan Tanah Air.

"PSS sudah ada lima pemain, jadi nanti akan ada satu lagi yang masuk. Tapi masih belum diumumkan, untuk satu pemain asing yang nantinya akan diumumkan, dia sudah punya pengalaman di Indonesia," katanya.

Lantas, apakah pemain yang dimaksud adalah Jihad Ayoub? Soal itu, James cuma meminta semua pihak bersabar sampai sang pemain diumumkan secara resmi oleh manajemen Super Elang Jawa.

"Kalau untuk Jihad dia memang sudah selesai dari Maret kemarin, cuma belum ada kepastian atau memang sudah ada ditunggu saja nanti," ucap James.

3 dari 5 halaman

Tergantung Kebutuhan Pelatih

Komposisi skuad PSS Sleman dipastikan hampir lengkap. Kini, Laskar Sembada sudah memiliki 30 pemain sementara. Lantas, apakah PSS berencana menggenapkan 35 pemain sesuai kuota maksimal dari PT LIB?

"Kuota pemain akan diserahkan sepenuhnya kepada pelatih. Yang pasti untuk musim baru PSS konsern memadukan pemain senior dengan pemain muda, jadi kalau seandainya mau menggenapi kuota 35 itu diserahkan kembali kepada pelatih sesuai dengan kebutuhan tim pelatih," jelasnya.

"Tapi kalau memang sudah cukup maka secara enggak langsung nanti kami akan mengalokasikan dari kuota jumlah pemain tersebut dengan pemain muda, karena itu yang menjadi target kami juga untuk musim 2023/2024," lanjutnya.

4 dari 5 halaman

Persiapan Matang

Sejauh ini, PSS Sleman menjadi tim yang cukup matang dalam mempersiapkan diri menghadapi musim 2023/2024. Setelah mendatangkan sejumlah amunisi anyar, latihan reguler pun sudah dimulai sejak 10 Mei lalu. Kemudian, melakukan launching tim yang digelar di halaman parkir Stadion Maguwoharjo, Sleman (25/5/2023).

Saat ini, Kim Jeffrey Kurniawan dkk. tengah menjalani pemusatan di kawasan Kaliurang, Sleman. Agenda ini berlangsung sejak 27 Mei dan akan berakhir pada 6 Juni mendatang. Nah, setelah pemusatan latihan rampung, Super Elang Jawa diagendakan melakoni rangkaian uji coba dengan tim selevel di Sleman.

5 dari 5 halaman

Tengok Peringkat PSS di Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer