Sukses


Daftar Lengkap Klub Liga 1 yang Sudah Mengisi Slot Pemain Asing ASEAN untuk Musim Depan

Bola.com, Jakarta - Nama-nama pesepak bola asal Asia Tenggara yang akan meramaikan perhelatan kompetisi Liga 1 2023/2024 mulai bertambah. Sejauh ini, sudah ada sebelas nama pemain ASEAN yang berlabuh ke Indonesia.

Tiga nama pemain terbaru yang sudah dipastikan mengisi slot pemain asing asal Asia Tenggara pada musim depan ialah Paulo Gali Freitas (Timor Leste), Son Ui-yong (Singapura), dan Kiki Linares (Filipina).

Paulo Gali Freitas sudah resmi bergabung dengan PSIS Semarang. Sementara itu, Song Ui-young resmi merapat bersama Persebaya Surabaya. Adapun Kiki Linares akan membantu PSM Makassar mempertahankan gelar juaranya musim depan.

Dengan bertambahnya tiga nama pemain ini, total sudah ada sebelas nama pemain ASEAN yang akan meramaikan Liga 1 musim depan. Sebagian besar memang wajah baru. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

 

2 dari 5 halaman

Pemain Filipina Dominan

Dari sebelas nama pemain ASEAN untuk musim depan, Filipina memang menjadi negara penyumbang terbanyak di Liga 1. Pasalnya, sejauh ini sudah ada enam pemain asal Filipina yang mendarat di Indonesia.

Dua di antaranya sudah bermain sejak musim lalu. Mereka adalah Mike Ott (Barito Putera) dan Daisuke Sato (Persib Bandung). Artinya, ada empat pemain Filipina yang akan mencatatkan debutnya di Indonesia.

Mereka ialah Christian Rontini (Persita Tangerang), Simen Lyngbo (Persik Kediri), Anthony Pinthus (PSS Sleman), dan Kiki Linares (PSM Makassar). 

 

3 dari 5 halaman

Singapura dan Timor Leste Kirim Dua Nama

Di tengah dominasi pemain asal Filipina itu, setidaknya masih ada dua negara ASEAN lainnya yang menjadi penyumbang pemain terbanyak kedua di Indonesia, yakni Singapura dan Timor Leste.

Singapura bakal diwakili oleh Jacob Mahler (Madura United) dan Song Ui-young (Persebaya Surabaya). Dua pemain yang lahir di luar negeri ini sama-sama pernah memperkuat Timnas Singapura.

Selain itu, ada pula dua wakil Timor Leste di Liga 1. Yang pertama ialah Pedro Henrique. Striker kelahiran Brasil berpaspor Timor Leste ini memang sudah sempat bermain untuk Madura United (2022) dan Persikabo 1973 (2023).

Kejutan datang dari sosok bernama Paulo Gali Freitas. Penyerang muda Timnas Timor Leste ini pernah menuai kontroversi karena dituduh melakukan pencurian umur di Piala AFF U-15 2019.

Adapun satu pemain asal ASEAN lainnya yang juga menjadi kejutan di bursa transfer ini ialah Win Naing Tun. Striker Timnas Myanmar itu resmi menjadi bagian Borneo FC untuk Liga 1 musim depan.

 

4 dari 5 halaman

Daftar Klub Liga 1 yang Sudah Kantongi Pemain ASEAN

  • 1. Persib Bandung: Daisuke Sato (Filipina)
  • 2. Barito Putera: Mike Ott (Filipina)
  • 3. Persita Tangerang: Christian Rontini (Filipina)
  • 4. Persik Kediri: Simen Lyngbo (Filipina)
  • 5. PSS Sleman: Anthony Pinthus (Filipina)
  • 6. Persikabo 1973: Pedro Henrique (Timor Leste)
  • 7. Madura United: Jacob Mahler (Singapura)
  • 8. Borneo FC: Win Naing Tun (Myanmar)
  • 9. PSIS Semarang: Paulo Gali Freitas (Timor Leste)
  • 10. Persebaya Surabaya: Song Ui-young (Singapura)
  • 11. PSM Makassar: Kiki Linares (Filipina)
5 dari 5 halaman

Tebak Juara Liga Champions 2022/2023

https://www.newshub.id/interactive2/4425

Video Populer

Foto Populer