Sukses


3 Pemain di Liga Indonesia yang Lebih Tua dari Lionel Messi dan Masih Aktif Bermain: Usia Bukan Penghalang!

Bola.com, Jakarta - Lionel Messi akan datang ke Jakarta untuk memperkuat Timnas Argentina menjalani FIFA Matchday melawan Timnas Indonesia pada 19 Juni 2023. Meski tergolong pemain gaek, Lionel Messi masih menjadi andalan di skuad Albiceleste.

Lionel Messi masih menjadi andalan Timnas Argentina saat menjuarai Piala Dunia 2022 di Qatar pada Desember 2022. Kemampuan luar biasa diperlihatkan oleh La Pulga meski usianya tidak muda lagi.

Ya, Lionel Messi masih mampu memperlihatkan performa apik bersama Argentina meski tidak demikian ketika memperkuat Paris Saint-Germain (PSG) dalam dua musim terakhir.

Namun, dalam sepak bola Indonesia, cukup banyak pemain gaek yang tetap menjadi andalan di klubnya masing-masing meski sudah mulai tersingkir dari skuad Timnas Indonesia.

Berikut sejumlah pemain gaek yang masih dipercaya oleh klub Indonesia untuk berada di skuad:

2 dari 4 halaman

Beto Goncalves

Usianya bahkan sudah 42 tahun, jauh di atas Lionel Messi. Namun, pemain naturalisasi asal Brasil ini belum menyerah.

Beto Goncalves masih kerap menjadi andalan di lini depan Madura United dalam beberapa musim terakhir. Pengalaman panjang sebagai pesepak bola profesional sejak 1999 masih belum berakhir.

Beto pun masih sempat memperkuat Timnas Indonesia pada 2019 lalu, di mana saat itu usianya sudah menginjak 39 tahun. Namun, sejak Shin Tae-yong menangani Tim Garuda, Beto mulai kehilangan tempat.

Ia pun memilih fokus untuk terus membuktikan diri di level klub, di mana hingga saat ini ia sudah mencetak 38 gol dalam 77 penampilan bersama Madura United, di mana pada musim 2022/2023, ia sukses mengemas 10 gol.

3 dari 4 halaman

Maman Abdurrahman

 

Maman Abdurrahman adalah satu di antara pemain gaek lain yang ada di Liga 1 Indonesia saat ini. Bek Persija Jakarta itu sudah genap berusia 41 tahun pada 12 Mei lalu.

Meski tak lagi menjadi andalan utama di lini pertahanan Macan Kemayoran pada BRI Liga 1 2022/2023, Maman tetap mendapatkan kepercayaan dari Thomas Doll dalam 15 pertandingan, di mana 8 di antaranya sebagai starter.

Keberadaan Maman di lini pertahanan Persija pun terbilang cukup positif. Dari 15 kali dipercaya mengisi lini pertahanan Macan Kemayoran, Persija hanya dua kali kalah.

 

4 dari 4 halaman

Victor Igbonefo

 

Pemain naturalisasi ini masih menjadi andalan di lini pertahanan Persib Bandung. Duetnya bersama Nick Kuipers membuat Maung Bandung punya pertahanan yang cukup solid.

Berbeda dengan dua pemain di atas, Victor tergolong lebih muda, yaitu berusia 37 tahun.

Namun, pengalamannya bermain bersama sejumlah klub Indonesia dan Thailand, membuat performanya di lini belakang Persib hingga saat ini masih cukup oke.

Video Populer

Foto Populer