Sukses


Pimpin TC Timnas Indonesia di Surabaya, Shin Tae-yong Keluhkan Fisik Pemain

Bola.com, Surabaya - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, akhirnya mulai memimpin pemusatan latihan (TC) di Surabaya. Dia hadir dalam sesi latihan yang digelar di Lapangan THOR, Surabaya, Kamis (08/06/2023) malam.

Pelatih asal Korea Selatan itu menghadapi kendala selama pemusatan latihan (TC) di Surabaya. Mereka harus mengembalikan kondisi kebugaran fisik para pemain yang belum ideal.

Penyebabnya, para penggawa Timnas Indonesia tidak berlatih bersama klub karena kompetisi Liga 1 sedang libur. Maklum saja, kompetisi kasta teratas Indonesia itu telah rampung pada April 2023 lalu.

Sejumlah klub memang menggelar latihan untuk menghadapi musim baru. Tapi, mereka belum mencapai pada tahap untuk mempersiapkan pertandingan.

"Ada kekurangan dalam fisik. Untuk pemain yang bermain di liga, sebenarnya tidak masalah karena bermain di timnya. Musim kemarin selesai ada libur panjang. Pemain baru kumpul karena FIFA Matchday,” kata STY setelah latihan.

"Terlihat kondisi pemain dan secara keseluruhan tidak baik. Kami tidak punya banyak waktu untuk meningkatkan fisik pemain, tetapi kami akan fokus latihan untuk meningkatkan penguatan untuk pemain,” imbuhnya.

 

2 dari 4 halaman

Persiapan Mepet

Timnas Indonesia sendiri melakoni agenda TC di Surabaya sejak Senin (05/06/2023).

Mereka bersiap menghadapi dua laga uji coba internasional, masing-masing melawan Palestina (14 Juni 2023) di Surabaya dan kontra Argentina (19 Juni 2023) di Jakarta.

Artinya, waktu yang dimiliki oleh Timnas Indonesia hanya sekitar sepekan saja untuk mematangkan persiapan. Dalam pekan ini, fisik pemain perlu digenjot agar lebih siap menghadapi pertandingan lagi.

 

3 dari 4 halaman

Pemain Masih Belum Lengkap

Di sisi lain, komposisi skuat Garuda juga masih belum lengkap sampai hari ini. Dari 26 nama yang mendapat panggilan, masih ada 11 nama yang belum bergabung dengan TC di Surabaya.

Enam di antaranya berkarier di luar negeri, yakni Jordi Amat, Saddil Ramdani, Pratama Arhan, Shayne Pattynama, Asnawi Mangkualam, dan Elkan Baggott. Sedangkan lima pemain lokal belum dilepas oleh klub.

Timnas Indonesia masih menunggu kedatangan Rizky Ridho dan Witan Sulaeman yang masih ditahan Persija Jakarta.

Selain itu, Reza Arya Pratama, Yakob Sayuri, dan Yance Sayuri masih bermain untuk PSM Makassar dalam play-off Liga Champions Asia versus Bali United hingga 10 Juni 2023.

 

 

4 dari 4 halaman

Dua Lawan Kuat

Dua laga uji coba pada bulan Juni 2023 ini sedang menjadi perhatian publik pecinta sepak bola nasional. Pasalnya, Timnas Palestina termasuk tim kuat di Asia yang cukup rutin berkiprah di Piala Asia.

Sedangkan Timnas Argentina merupakan tim dengan peringkat tertinggi dalam ranking FIFA saat ini. Mereka juga berstatus juara bertahan Piala Dunia setelah mampu memenangi edisi 2022 lalu.

Ditambah keberadaan sang megabintang Lionel Messi juga akan semakin menyemarakkan dua agenda penting tersebut.

Video Populer

Foto Populer