Sukses


Aji Santoso Optimistis TC Bikin Pemain Persebaya Siap Mental dan Fisik Hadapi Liga 1

Bola.com, Yogyakarta - Persebaya Surabaya mendapat intensitas latihan yang cukup tinggi dalam pemusatan latihan (TC) di Yogyakarta. Mereka akan menerima program latihan khusus selama 10 hari pada 5-15 Juni 2023.

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, menargetkan para pemainnya dalam kondisi siap tempur menghadapi Liga 1 2023/2024. Dia menyiapkan mental dan fisik untuk lebih mumpuni. Itu juga termasuk pemahaman taktik.

Maklum saja, waktu mereka tidak banyak untuk menyiapkan diri. Liga 1 2023/2024 rencananya akan dimulai pada 1 Juli 2023 dibuka dengan pertandingan antara Persija Jakarta dan PSM Makassar.

“Kami memiliki waktu satu bulan, harus dimaksimalkan dengan baik agar dalam pertandingan benar-benar sudah siap, kondisi fisik, taktik, mental,” ungkap Aji Santoso.

“Intensitas latihan kali ini cukup tinggi karena sebelumnya kami latihan agak ringan, banyak gim dengan intensitas agak tinggi. Mulai dari awal sampai akhir latihan, saya menginginkan setiap pemain harus maksimal,” imbuh pelatih Persebaya Surabaya itu.

2 dari 4 halaman

Peningkatan Performa

Persebaya Surabaya memulai latihan perdana persiapan Liga 1 2023/2024 lebih awal. Mereka mulai latihan pada 10 Mei 2023 lalu. Artinya, para pemain sudah mengikuti program latihan selama hampir sebulan.

Namun, belum semua pemain bergabung secara penuh. Klub Bajul Ijo lantas melakoni uji coba melawan Bali United di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, 28 Mei 2023. Laga ini, berakhir 3-1 untuk Persebaya.

Dari situlah, Aji Santoso merancang program mengadakan pemusatan latihan sebelum mentas di Liga 1. Arsitek tim berusia 53 melihat banyak peningkatan pesat kondisi fisik pemain selama TC. 

Seluruh pemain yang mengikuti programnya mampu menerima porsi latihan dengan baik. Aji Santoso juga menuntut mereka untuk lebih percaya diri.

“Peningkatan pemain cukup positif. Saya sampaikan kepada pemain, kami sekarang sudah mendapatkan momen untuk percaya diri. Pertandingan uji coba kemarin cukup penting untuk menentukan momen dan kami mendapatkannya,” ucapnya.

“Sekarang kami memanfaatkan dan mengembangkan momen tersebut. Jadi, saya sudah sampaikan ke pemain untuk kerja keras lagi. Alhamdulillah, meskipun persiapan belum maksimal tetapi dampaknya cukup besar,” tutur pelatih asli Malang itu.

 

3 dari 4 halaman

Agenda Uji Coba

Persebaya Surabaya rencananya juga akan  mengagendakan laga uji coba selama TC. Namun, pihaknya masih belum memastikan tim mana yang akan jadi calon lawan Bajul Ijo.

Ada kemungkinan, Persebaya akan menghadapi tim lokal Yogyakarta dalam uji coba. Namun, beberapa klub Liga 1 lain kebetulan juga sedang menjalani TC di Kota Pendidikan. Sebut saja Persib Bandung, Barito Putera, dan Borneo FC.

Sepulang dari Yogyakarta,  Persebaya dipastikan berencana menggelar pertandingan uji coba sebagai perayaan ulang tahun klub ke-96 pada 18 Juni 2023 mendatang.

Mereka dijadwalkan menjamu Persija Jakarta dalam laga bertajuk Anniversary Game di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Minggu (18/6/2023).

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer