Sukses


Masih Cedera, Andhika Ramadhani Tetap Ikut TC Persebaya di Yogyakarta Jelang BRI Liga 1

Bola.com, Surabaya - Penjaga gawang Persebaya Surabaya, Andhika Ramadhani, masih dalam pemulihan cedera. Kendati demikian, dia tetap mengikuti pemusatan latihan (TC) yang digelar klubnya di Yogyakarta.

Tim Bajul Ijo sendiri melakoni TC di Yogyakarta selama 10 hari sejak Senin (5/6/2023) lalu. Andhika juga terlihat masih berlatih di pinggir lapangan untuk mendapat program latihan khusus.

“Alhamdulillah, teman-teman enjoy, menyerap semua apa yang diberikan Coach Aji. Saya sendiri masih di pinggir lapangan, masa pemulihan pasca pertandingan melawan Bali United,” ucap Andhika.

Cedera itu dialaminya saat Persebaya Surabaya beruji coba melawan Bali United di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, 28 Mei 2023. Kondisinya sempat mengkhawatirkan saat ditarik keluar di babak kedua.

2 dari 4 halaman

Salah Jatuh

Andhika salah jatuh ketika hendak menghalau bola keluar dan bertabrakan dengan striker Ilija Spasojevic. Bahu kirinya membentur tanah cukup keras.

Kiper 24 tahun itu pun dibopong ke luar lapangan dan diganti dengan kiper muda Aditya Arya.

Andhika kemudian langsung dibawa ke rumah sakit untuk mendapat tindakan lebih lanjut. Setelah melalui pengecekan MRI, bahu kirinya tidak mengalami cedera parah.

Meski berlatih terpisah, Andhika masih terus mengikuti program latihan TC yang telah dibuat oleh pelatih Aji Santoso. Persiapan timnya juga terus berjalan untuk mengarungi Liga 1 2023/2024.

“Mental harus dibenahi, kemudian fisik pemain. Kami sudah lama libur, sekarang sudah pemusatan latihan perlu menempa mental dan taktik untuk mengarungi Liga 1,” ujar Andhika.

3 dari 4 halaman

3 Kiper

Dalam TC ini, Persebaya membawa tiga kiper, termasuk Andhika, sehingga tidak kekurangan stok untuk berlatih. Dua lainnya adalah Aditya Arya dan Lalu Muhammad Riski.

Satu kiper lagi terpaksa absen, yaitu Ernando Ari Sutaryadi, yang mengikuti TC Timnas Indonesia di Surabaya. Dia bakal bersiap menghadapi Palestina dan Argentina dalam FIFA Matchday.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, menargetkan para pemainnya dalam kondisi siap tempur menghadapi Liga 1 2023/2024. Dia menyiapkan mental dan fisik untuk lebih mumpuni. Itu juga termasuk pemahaman taktik.

Maklum saja, waktu mereka tidak banyak untuk menyiapkan diri. Liga 1 2023/2024 rencananya akan dimulai pada 1 Juli 2023 dibuka dengan pertandingan antara Persija Jakarta dan PSM Makassar.

4 dari 4 halaman

Uji Coba

Persebaya rencananya juga akan mengagendakan laga uji coba selama TC. Namun, pihaknya masih belum memastikan tim mana yang akan jadi calon lawan Bajul Ijo.

Ada kemungkinan, Persebaya akan menghadapi tim lokal Yogyakarta dalam uji coba. Namun, beberapa klub Liga 1 lain kebetulan juga sedang menjalani TC di Kota Pendidikan. Sebut saja Persib Bandung, Barito Putera, dan Borneo FC.

Sepulang dari Yogyakarta,  Persebaya dipastikan berencana menggelar pertandingan uji coba sebagai perayaan ulang tahun klub ke-96 pada 18 Juni 2023 mendatang.

Mereka dijadwalkan menjamu Persija Jakarta dalam laga bertajuk Anniversary Game di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Minggu (18/6/2023).

Video Populer

Foto Populer