Sukses


BRI Liga 1: Persebaya Punya 6 Pemain Asing, Ripal Wahyudi Tak Gentar Bersaing

Bola.com, Surabaya - Penambahan kuota pemain asing BRI Liga 1 2023/2024 bakal berdampak bagi pemain lokal. Bagaimana tidak, setiap klub bisa merekrut enam pemain impor untuk musim depan, bertambah dari musim lalu yang hanya empat.

Lima di antaranya bebas konfederasi, sedangkan satu pemain harus berpaspor ASEAN alias berasal dari negara Asia Tenggara.

Persebaya Surabaya sudah memiliki lima pemain asing, yakni Bruno Moreira, Paulo Victor (Brasil), Ze Valente (Portugal), Sho Yamamoto (Jepang), dan Song Ui-young (Singapura). Satu pemain lagi bakal diisi bek asal Serbia, Dusan Stevanovic.

Gelandang muda Persebaya, Ripal Wahyudi, mengaku tidak gentar dengan komposisi tersebut. Dia siap bersaing untuk bisa mendapat kesempatan bermain.

"Menurut saya, penambahan pemain asing bagi tim sangat bagus. Lebih bagus lagi permainannya. Intinya kalau mau menembus skuad inti Persebaya Surabaya harus bekerja lebih keras," kata Ripal.

 

2 dari 5 halaman

Punya Motivasi Ekstra

Ripal tidak merasa keberadaan pemain asing itu akan mengganggu pemain muda seperti dirinya. Dia malah punya motivasi ekstra untuk terus berjuang diberi kepercayaan di Persebaya Surabaya.

"Saya menjadikan itu sebagai motivasi supaya lebih baik di Liga Indonesia. Komunikasi kami berjalan selama setiap latihan. Melihat karakter setiap pemain bagaimana maunya," imbuhnya.

Dari total enam pemain asing itu, dua di antaranya berposisi gelandang, yaitu Ze Valente dan Song Ui-young. Persebaya Surabaya biasanya memainkan formasi 4-3-3, artinya tersisa satu slot gelandang yang bisa diisi pemain lokal.

 

3 dari 5 halaman

Berambisi Tembus Skuad Inti

Ze Valente dan Song Ui-young kemungkinan akan menempati posisi gelandang serang dan tengah. Jadi, hanya gelandang bertahan saja yang bisa diisi pemain lokal.

Nah, posisi gelandang bertahan Persebaya selama beberapa musim terakhir dihuni Muhammad Hidayat. Artinya, Ripal Wahyudi juga harus bersaing dengan Hidayat untuk mendapat tempat itu.

"Di Persebaya, slot pemain lokal tinggal gelandang bertahan. Saya sebagai pemain harus bekerja keras lagi untuk menembus skuad inti di tim ini," ucap pemain kelahiran Garut tersebut.

Ripal Wahyudi didatangkan dari Bhayangkara FC dan baru bergabung dengan Persebaya pada musim lalu. Gelandang berusia 22 tahun itu mencatatkan 11 penampilan dan menyumbang satu assist di Liga 1 2022/2023.

 

4 dari 5 halaman

Pinjamkan 8 Pemain

Persebaya Surabaya berencana meminjamkan sejumlah pemain mudanya untuk musim Liga 1 2023/2024. Tak tanggung-tanggung, sebanyak delapan pemain masuk daftar tersebut.

Mereka adalah Brayen Pondaag, Wahyudi, Ruy Arianto, Widi Syarief, Bramdani, Fernando Pamungkas, Julian Mancini, dan Saiful. Manajer Persebaya, Yahya Alkatiri, memastikan delapan nama itu akan dipinjamkan ke klub lain.

Saat ini, Persebaya sedang dalam agenda pemusatan latihan (TC) di Yogyakarta selama 5-15 Juni 2023. Mereka berencana akan menggelar uji coba melawan Persija Jakarta di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, 18 Juni 2023.

5 dari 5 halaman

Simak Posisi Akhir Persebaya Musim Lalu:

Video Populer

Foto Populer