Sukses


Mengenal 2 Pemain Naturalisasi Anyar Timnas Indonesia untuk Melawan Palestina dan Argentina, Bikin Persaingan Makin Ketat

Bola.com, Surabaya - Tidak butuh waktu lama bagi Ivar Jenner dan Rafael Struick untuk mendapatkan panggilan dari Timnas Indonesia setelah proses naturalisasinya dari Belanda tuntas pada Mei 2023.

Ivar Jenner dan Rafael Struick dipercaya pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk dua partai uji coba pada FIFA Matchday Juni 2023.

Timnas Indonesia akan lebih dulu berlatih tanding dengan Timnas Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, pada 14 Juni 2023.

Lima hari berselang, tim berjulukan Skuad Garuda itu bakal menantang juara Piala Dunia 2022 Qatar, Timnas Argentina, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat.

2 dari 6 halaman

Masih Sangat Muda

Shin Tae-yong mempersiapkan Ivar Jenner, Rafael Struick, dan 24 pemain Timnas Indonesia lainnya demi memberikan perlawanan kontra Palestina dan Argentina.

Usia Ivar Jenner masih amat muda, baru menginjak 19 tahun. Berdasarkan data Transfermarkt, pemain keturunan Jember, Jawa Timur, itu biasa berperan sebagai pemain nomor enam dan delapan.

Dalam formasi tiga gelandang yang rutin dipakai Shin Tae-yong, Ivar Jenner dapat bermain menjadi gelandang box to box menemani gelandang bertahan dan gelandang serang.

3 dari 6 halaman

Sering Bermain di Jong Utrecht

Ivar Jenner kemungkinan akan bersaing dengan Ricky Kambuaya hingga Rachmat Irianto untuk menemani Marc Klok dan Marselino Ferdinan di lini tengah Timnas Indonesia.

Ivar Jenner adalah produk akademi dari klub Belanda, FC Utrecht. Dia baru dipromosikan ke tim satelit Jong Utrecht pada 2022. Jenner bermain 13 kali di kasta kedua Liga Belanda pada musim lalu dengan jumlah 990 menit.

"Saya sudah tidak sabar untuk memperkuat Timnas Indonesia. Saya tahu animo suporter sangat luar biasa di sini. SUGBK juga megah dan rumputnya bagus. Ini akan menjadi pertandingan yang menyenangkan melawan Argentina," imbuh Ivar Jenner pada beberapa waktu lalu.

4 dari 6 halaman

Baru Promosi

Sama seperti Ivar Jenner, Rafael Struick juga berkompetisi di divisi kedua Liga Belanda. Dia membela ADO Den Haag. Namun, ia hanya dua kali diturunkan dengan 11 menit bermain.

Rafael Struick juga baru naik kasta ke tim senior ADO Den Haag pada 2022 setelah menimba ilmu di akademi. Darah Indonesianya mengalir dari neneknya yang asli Semarang, Jawa Tengah.

Masih berusia 20 tahun, Rafael Struick terbiasa bermain menjadi winger kiri, namun juga bisa beraksi sebagai penyerang tengah dan kanan merujuk catatan Transfermarkt.

5 dari 6 halaman

Bersaing Ketat

Rafael Struick harus bersaing ketat dengan beberapa pemain untuk menembus tiga tempat utama di lini depan Timnas Indonesia semisal Dimas Drajad, Dendy Sulistyawan, hingga Saddil Ramdani.

"Pertandingan yang sangat ditunggu-tunggu. Apalagi akan melawan Argentina, juara Piala Dunia 2022 sekaligus peringkat satu dunia," imbuh Rafael Struick.

6 dari 6 halaman

26 Pemain Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday Juni 2023

Kiper: Reza Arya Pratama (PSM Makassar), Syahrul Trisna (Persikabo 1973), Ernando Ari Sutaryadi (Persebaya Surabaya)

Bek: Edo Febriansyah (Persib Bandung), Rachmat Irianto (Persib Bandung), Yance Sayuri (PSM Makassar), Andy Setyo (Persikabo 1973), Rizky Ridho (Persija Jakarta), Fachruddin Aryanto (Madura United), Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim (JDT), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Asnawi Mangkualam (Jeonnam Dragons), Sandy Walsh (KV Mechelen), Shayne Pattynama (Viking FK), Elkan Baggott (Cheltenham Town)

Gelandang: Marc Klok (Persib Bandung), Ricky Kambuaya (Persib Bandung), Yakob Sayuri (PSM Makassar), Witan Sulaeman (Persija Jakarta), Stefano Lilipaly (Borneo FC Samarinda), Saddil Ramdani (Sabah FC), Marselino Ferdinan (KMSK Deinze), Ivar Jenner (Jong Utrech)

Penyerang: Rafael Struick (ADO Den Haag), Dendy Sulistyawan (Bhayangkara FC), Dimas Drajad (Persikabo 1973)

Video Populer

Foto Populer