Sukses


Adu Mahal Skuad PSM Makassar Vs Bali United pada Playoff Liga Champions Asia

Bola.com, Jakarta - PSM Makassar akan menjamu Bali United pada leg kedua playoff Liga Champions Asia 2023/2024. Laga ini tersaji di Stadion Gelora BJ. Habibie, Parepare, Sabtu (10/6/2023) pukul 18.30 WIB.

Kedua tim sama-sama membidik kemenangan demi menyegel tiket lolos ajang tertinggi antarklub se-Asia tersebut. Sebab, pada leg pertama yang dihelat di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (6/6/2023), kedua kesebelasan cuma bermain imbang 1-1.

Ada sejumlah fakta menarik menjelang pertemuan nanti. Satu di antaranya yakni komposisi skuad yang dimiliki dua tim raksasa Liga Indonesia tersebut.

Baik PSM Makassar maupun Bali United sama-sama memiliki skuad dengan market velue atau nilai pasar yang tinggi. Dilansir dari transfermarkt, PSM saat ini punya nilai skuad mencapai Rp72,13 miliar.

Sementara Bali United sedikit lebih unggul ketimbang Juku Eja. Kalau ditotal, skuad besutan Stefano Cugurra itu memiliki nilai pasar sebesar Rp84,65 miliar.

Berikut Bola.com menyajikan sejumlah pemain dengan nilai pasar termahal dari kedua tim. Siapa saja mereka? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

2 dari 4 halaman

Harga Mahal Bintang PSM

Di kubu PSM Makassar, Yuran Fernandes jadi pemain dengan market value termahal mencapai Rp5,65 miliar. Taksiran harga pasar itu cukup layak bagi bek kelahiran Sal Rei, Tanjung Verde tersebut.

Musim lalu, Yuran Fernandes memang tampil begitu impresif mengawal lini pertahanan PSM di BRI Liga 1 2022/2023. Pemain berusia 28 tahun itu menyumbangkan lima gol dari 28 pertandingan yang dilakoni.

Dua nama lainnya ada kapten tim Wiljan Pluim serta striker Yakob Sayuri. Pluim memiliki harga pasar senilai Rp5,21 miliar. Jumlah tersebut membuatnya menjadi pemain kedua termahal di skuad Juku Eja.

Peran Wiljan Pluim di lini tengah PSM masih sangat krusial. Gelandang asal Belanda itu tampil 27 laga dengan menyumbangkan 11 gol dan 10 assist sepanjang musim lalu.

Membela PSM sejak pertengahan 2016, Pluim menjadi sosok yang tidak tergantikan di lini tengah Juku Eja. Sekaligus menjadi pemain asing terlama yang bertahan di klub kebanggaan Kota Daeng tersebut.

Sedangkan Yakob Sayuri punya market value mencapai Rp3,91 miliar. Sama seperti Yuran dan Pluim, Yakob juga bermain cukup apik ketika membawa PSM menjuarai Liga 1 2022/2023. Penyerang berusia 25 tahun itu membukukan tujuh gol plus tujuh assist buat Pasukan Ramang pada musim lalu.

3 dari 4 halaman

Pemain Mahal Bali United

Tiga pemain dengan market value tertinggi di skuad Bali United ditempati oleh Eber Bessa, Privat Mbarga, Brwa Nouri. Bessa dan Mbarga memiliki harga pasaran yang sama yakni Rp6,08 miliar.

Penampilan apik Bali United di Liga 1 sejauh ini memang tak bisa dipisahkan dari kehadiran Privat Mbarga dan Eber Bessa. Kedua sosok tersebut mampu memberikan impact cukup besar buat Serdadu Tridatu di pentas Liga 1.

Musim lalu Privat Mbarga sukses mencetak 16 gol dan tujuh assist dari 34 pertandingan, sedangkan Eber Bessa mencatatkan tujuh gol serta 10 assist dalam 30 laga.

Predikat pemain dengan nilai termahal ketiga di skuad Bali United dimiliki Brwa Nouri. Gelandang berusia 36 tahun itu punya nilai pasar senilai Rp5,65 miliar.

Nouri bergabung dengan Bali United sejak Juli 2018 silam. Selama hampir lima tahun berseragam Serdadu Tridatu, dia membantu Bali United meraih dua gelar juara Liga 1 2019 dan Liga 1 2021/2022.

4 dari 4 halaman

Intip Peta Persaingan di Liga 1 Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer