Sukses


Budi Sudarsono Sebut Lebih Bermanfaat Timnas Indonesia Uji Coba Melawan Tim yang Tidak Sekuat Argentina

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia hanya kalah 0-2 dari Argentina pada partai uji coba FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) hari Senin (19/06/2023).

Namun jika melihat jalannya pertandingan, anak asuh Shin Tae-yong tertekan sepanjang laga. Terlihat dari penguasaan bola di mana Argentina mencapai 77 persen berbanding 23 persen untuk Timnas Indonesia.

Eks pemain Timnas Indonesia, Budi Sudarsono pun memberikan pendapat dan saran untuk lawan uji coba berikutnya Skuad Garuda.

Menurutnya sebaiknya Timnas Indonesia menjalani laga persahabatan melawan tim yang punya kualitas di bawah Argentina. 

Alhasil kekuatan sebenarnya dari Rafael Struick dan kawan-kawan bisa lebih terlihat. Secara khusus Budi Sudarsono menyebut tim-tim kuat Asia lebih cocok menghadapi Timnas Indonesia. 

 

2 dari 4 halaman

Hadapi Lawan dengan Level Tidak Terlampau Jauh

"Sebaiknya pada laga uji coba selanjutnya perlu dipikirkan untuk mencari lawan yang kualitasnya tidak terlalu jauh seperti Argentina," kata Budi, striker Timnas Indonesia di Piala Asia 2007.

"Kalau untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak, negara Asia seperti Jepang atau Korea Selatan lebih cocok buat lawan Indonesia selanjutnya," lanjutnya. 

Budi punya alasan kenapa ia menilai Indonesia lebih membutuhkan lawan yang levelnya tidak terlampau jauh di atas.

"Apakah kita akan mengejar Argentina dalam waktu dekat? Jujur saja, itu adalah hal yang sulit. Akan lebih masuk akal kalau kita mengejar Jepang atau Korea Selatan," lanjut Budi yang pernah bermain buat Persik, Persebaya, Persija, Persib dan Sriwijaya FC.

 

3 dari 4 halaman

Manfaat dari Timnas Indonesia

Menurut Budi, ada beberapa manfaat yang bisa didapat Timnas Indonesia jika melakoni laga uji coba dengan lawan yang tidak sekuat Argentina.

"Kalau lawannya tidak sehebat Argentina, Indonesia dalam hal permainan bisa lebih terlihat. Bagaimana ketika menyerang, bertahan, transisi menyerang ke bertahan dan juga sebaliknya," kata Budi yang kini memiliki lisensi pelatih A AFC ini.

"Kalau lawannya sekelas Argentina, pemain akan lebih banyak bertahan, itupun juga pemain kelabakan ditekan terus menerus," 

 

4 dari 4 halaman

Uji Coba Timnas Indonesia era Erick Thohir

Sejak Erick Thohir terpilih menjadi Ketua Umum PSSI, Timnas Indonesia di level senior sudah menjalani empat laga uji coba, yaitu vs Burundi (3-1, 2-2), vs Palestina (0-0), dan Argentina (2-0).

Dalam daftar peringkat FIFA ketika berlaga lawan Indonesia, Burundi ada di peringkat 141, sementara Palestina di posisi 93.

Video Populer

Foto Populer