Sukses


Termasuk Beto dan Simic, 5 Striker Gaek yang Masih Eksis di Pentas Liga 1: Ditunggu Ketajamannya untuk Musim 2023 / 2024

Bola.com, Jakarta - Liga 1 musim 2023/2024 akan bergulir pada 1 Juli 2023. Jelang kickoff kompetisi kasta teratas sepak bola Indonesia itu, sejumlah klub pun ngebut melengkapi skuadnya.

Meski banyak pemain baru bermunculan, sejumlah wajah lama masih akan menghiasi Liga 1 musim mendatang. Beberapa di antaranya berposisi striker dan dari segi usia, mereka tergolong gaek.

Makin tua makin jadi. Kalimat ini pantas disematkan bagi beberapa penyerang yang berkiprah di Liga 1. Memiliki usia yang tak lagi muda, mereka masih bisa bersaing mendapatkan tempat sebagai pemain inti di tim masing-masing.

Selain diandalkan menjadi penyerang utama di klub, pengalaman mereka di lapangan sangat dibutuhkan oleh para pemain muda.

Berikut Bola.com menyajikan lima penyerang gaek yang masih eksis di kompetisi Liga 1 2023/2024. Siapa saja mereka? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

2 dari 6 halaman

Beto Goncalves

Yang pertama ada Beto Goncalves. Beberapa tahun terakhir, mantan pemain Sriwijaya FC itu sering naik turun dari kasta Liga 1 ke Liga 2 atau sebaliknya.

Ketika turun kasta ke Liga 2, banyak yang memprediksi kariernya sudah di ujung tanduk. Namun, Beto mematahkan anggapan tersebut. Pada musim 2021, penyerang naturalisasi asal Brasil itu berhasil membawa Persis Solo menjadi kampiun Liga 2 sekaligus menyabet gelar top scorer dengan 11 gol.

Selepas mengantarkan Persis juara, Beto kemudian kembali memperkuat Madura United pada putaran kedua Liga 1 2021/2022. Di sana, dia langsung menunjukkan kapasitasnya.

Striker kelahiran Belem, Brasil itu memberikan dampak positif buat klub berjulukan Laskar Sape Kerrab tersebut. Di musim itu, Beto membukukan tujuh gol dalam 15 laga.

Pada musim 2022/2023 Beto mencetak 10 gol plus lima assist dalam 32 penampilan di Liga 1. Beto membuktikan meski usianya tak lagi muda, 42 tahun, dia tetap konsisten tampil tajam dan bersaing ketat dengan striker-striker muda lainnya.

Termasuk pada kompetisi musim 2023/2024, Beto Goncalves masih tetap jadi andalan lini depan Madura United. Kontraknya bersama Laskar Sape Kerrab baru saja diperpanjang per Mei 2023 lalu.

3 dari 6 halaman

Ilija Spsojevic

Seperti musim-musim sebelumnya, Ilija Spasojevic tampil mengesankan dengan torehan 17 gol dan satu assist di kompetisi Liga 1 2022/2023. Torehan itu membuatnya masuk dalam daftar pencetak gol terbanyak ketiga musim lalu.

Jumlah itu dibukukan Spasojevic dalam 27 pertandingan di Liga 1. Pemain berusia 35 tahun itu membawa Bali United finis di posisi kelima klasemen dengan koleksi 54 poin.

Catatan gol Spaso memang sedikit menurun ketimbang musim sebelumnya saat mengantarkan Serdadu Tridatu back-to-back juara. Kala itu, pemain naturalisasi asal Montenegro tersebut membukukan 23 gol.

4 dari 6 halaman

Marko Simic

Marko Simic kembali ke pelukan Persija Jakarta jelang bergulirnya Liga 1 2023/2024. Klub berjulukan Macan Kemayoran itu resmi memperkenalkan Marko Simic sebagai rekrutan anyar pada Selasa (20/6/2023).

Persija Jakarta mengikat penyerang berusia 35 tahun itu dengan kontrak berdurasi dua musim. Ini menjadi periode kedua buat pemain asal Kroasia itu berseragam Persija setelah 2018-2022.

Simic sempat meninggalkan Persija menjelang musim 2022/2023, dengan bermain di negaranya Kroasia. Marko Simic mencetak 73 gol selama berseragam Persija sejak 2018.

5 dari 6 halaman

Ciro Alves

Ciro Alves kini membela Persib Bandung. Penyerang asal Brasil itu sudah berusia 34 tahun. Meski tak muda lagi, kemampuan Ciro masih bisa diperhitungkan.

Ciro Alves dikenal memiliki kecepatan dan skill luar biasa. Dia masih sering membawa bola dan melewati beberapa pemain belakang lawan dengan kelebihannya itu.

Musim lalu, dia lebih banyak berfungsi sebagai penyerang sayap. Ciro Alves membukukan 10 gol plus lima assist. Catatan ini sebenarnya jauh menurun jika dibandingkan ketika dia membela Persikabo Bogor pada musim 2021/2022. Karena saat itu, dia mencetak 20 gol.

Ini lantaran di Persib, Ciro harus berbagi peran dengan David da Silva. Sedangkan di Persikabo, dia jadi andalan utama di lini depan. Itu sebabnya, di Persib, Ciro lebih sering jadi perusak pertahanan lawan ketimbang targetman.

6 dari 6 halaman

Fernando Rodriguez

Berikutnya ada striker asal Spanyol Fernando Rodriguez. Penyerang milik Persis Solo ini sudah berusia 36 tahun. Jika melihat statistiknya musim lalu, sebetulnya Fernando Rodriguez tak begitu subur. Mantan striker Johor Darul Takzim, Malaysia itu cuma mencetak 10 gol dari 25 penampilan.

Namun ada pertimbangan lain sepertinya yang membikin manajemen Persis mempertahankannya. Bisa jadi perlahan Fernando Rodriguez mulai nyetel dengan rekan timnya.

Dia membuat tiga assist musim lalu. Selain itu, Persis juga ditinggal dua penyerang sarat pengalaman; Ferdinan Sinaga dan Samsul Arif.

Fernando Rodriguez merupakan sosok penyerang tipikal targetman. Meski staminanya tak seperti waktu muda, tapi postur dan ketenangannya di lini depan masih beguna.

Video Populer

Foto Populer