Sukses


4 Amunisi PSS untuk Menantang Bali United di BRI Liga 1: Menanti Magis Jonathan Bustos

Bola.com, Sleman - PSS Sleman akan melakoni laga perdana BRI Liga 1 2023/2024. Klub berjulukan Super Elang Jawa itu dijamu Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu (1/7/2023) pukul 15:00 WIB.

Dalam lawatan ke Pulau Dewata, PSS Sleman membawa total 22 pemain, termasuk beberapa rekrutan anyar. Abduh Leataluhu, Anthony Pinthus, Leonard Tupamahu, Thales Lira, Kei Sano, Esteban Vizcarra, hingga Jonathan Bustos juga ikut dalam rombongan ke Bali.

Laga nanti sekaligus jadi pangggung pembuktian bagi para pemain dan pelatih baru PSS Sleman, Marian Mihail. Oleh karena itu, tiga poin jadi target yang dibidik Tim Elang Jawa dalam laga tandang melawan Serdadu Tridatu, julukan Bali United.

Menilik rapor kedua tim, PSS Sleman sebetulnya sedikit lebih unggul ketimbang Bali United. Dari lima pertemuan terakhir, tiga di antaranya dimenangkan PSS Sleman. Sedangkan sisanya menjadi milik Serdadu Tridatu.

Meski begitu, untuk mencuri poin penuh dari Bali United tentu bukan perkara gampang. Terlebih, mereka akan bermain dihadapan pendukungnya sendiri. Dibutuhkan usaha ekstra keras untuk bisa membawa pulang tiga angka dari Pulau Dewata.

Melihat kekuatan PSS Sleman saat ini, rasanya bukan hal mustahil buat Tim Elang Jawa mewujudkan target yang dicanangkan. Apalagi, mereka dihuni sederet pemain mumpuni yang siap membuat Bali United merana. Siapa saja mereka? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

2 dari 5 halaman

Kei Sano

Sano jadi salah satu pemain asing yang ikut diboyong PSS Sleman ke Bali. Gelandang asal Jepang itu direkrut PSS Sleman pada akhir April 2023 lalu. Kei Sano merupakan debutan di Liga Indonesia. Sebelumnya dia lebih banyak menghabiskan karier profesionalnya di Liga Malta.

Selama agenda pramusim, Kei Sano sempat tampil sekali saat PSS menjamu Borneo FC. Pada laga itu, Laskar Sembada menurunkan total enam rekrutan anyarnya.

Dalam duel melawan Borneo FC, Kei Sano tampil sejak menit awal dan cukup mumpuni mengawal di lini tengah Super Elang Jawa. PSS memang gagal mendulang kemenangan pada laga ini. Mereka menyerah dengan skor tipis 0-1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman (11/6/2023).

Namun, penampilan Kei Sano patut diberi apresiasi. Dia mampu memperagakan permainan agresif dan mengandalkan kecepatan. Pada laga ini, Kei bermain selama 45 menit. Dia kemudian ditarik keluar di babak kedua dan digantikan Riki Dwi Saputro.

Pemain berusia 31 tahun itu bisa jadi opsi tepat di lini tengah PSS Sleman. Bersua Bali United, Kei Sano diharapkan mampu menjadi kreator serangan PSS. Oleh karena itu, lini belakang Serdadu Tridatu harus ekstra waspada kalau tidak ingin di acak-acak pemain yang satu ini.

 

3 dari 5 halaman

Jonathan Bustos

Hadirnya Jonathan Bustos menambah kekuatan bagi Tim Elang Jawa untuk kompetisi BRI Liga 1 2023/2024. Gelandang berusia 29 tahun itu bisa jadi ancaman serius buat lini pertahanan Bali United. Seperti diketahui, Bustos dikenal sebagai sosok gelandang subur di Borneo FC.

Dia mencatatkan 30 kali penampilan dengan total 2.468 menit di BRI Liga 1 2022/2023. Bustos membukukan lima gol plus delapan assist buat Pesut Etam. Sedangkan di musim 2021/2022, dia mencetak lima gol dan enam assist.

Jonathan Bustos merupakan pemain yang memiliki visi bermain tinggi. Pengumpan yang andal dan mahir melepaskan tembakan jarak jauh akurat. Kelebihan Bustos inilah bisa menjadi momok buat sang calon lawan, termasuk kala menghadapi Bali United.

Magis Bustos sudah ditunjukkan dalam laga persahabatan melawan Persib Bandung. Gelandang serang asal Argentina itu tampil mengesankan kala timnya ditahan imbang 1-1 Maung Bandung. Dia menyumbang satu assist pada laga yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (25/6/2023) itu.

Pemain kelahiran Buenos Aires, Argentina itu didatangkan PSS Sleman di bursa transfer BRI Liga 1 2023/2024. Bisa dibilang, Bustos jadi rekrutan terbaik Super Elang Jawa sejauh ini. Kemampuan gelandang yang baru saja merayakan hari jadi ke 29 pada 29 Juni 2023 itu memang tak perlu diragukan lagi.

4 dari 5 halaman

Thales Lira

Nama selanjutnya ada Thales Lira. Bek asal Brasil ini bisa menjadi benteng tangguh PSS kala bertemu Bali United. Pemain yang musim lalu membela Centro Sportivo Alagoano itu dikenal sebagai bek tengah yang tak kenal kompromi dalam menjaga pertahanannya.

Kemampuannya ini bisa membuat tim lawan kesulitan menembus barisan belakang PSS yang ia komandoi. Thales merupakan salah satu sosok senior kenyang pengalaman yang malang melintang di kompetisi Liga Brasil.

Pemain kelahiran 6 April 1993 itu resmi bergabung bersama PSS pada akhir April 2023. Selama laga pramusim, Thales selalu menjadi pilihan pelatih kepala Marian Mihail mengisi sektor belakang Tim Elang Jawa.

Dari tiga laga, dia selalu menjadi starter. Penampilanya pun tak mengecewakan. Marian Mihail bahkan melemparkan pujian terhadap performa Thales saat menghadapi Persib Bandung. Arsitek asal Rumania itu menilai Thales bermain sangat spartan membendung serangan-serangan berbahaya lawan.

 

5 dari 5 halaman

Kim Jeffrey Kurniawan

Rasanya ada yang kurang kalau melewatkan pemain yang satu ini. Sosok yang dimaksud adalah Kim Jeffrey Kurniawan. Bisa dibilang, gelandang sekaligus kapten tim PSS itu adalah nyawa permainan Tim Elang Jawa dibeberapa musim ini.

Pemain naturalisasi kelahiran Muhlacker, Jerman itu menjadi andalan Super Elang Jawa dalam dua musim terakhir. Kim Kurniawan tampil mengesankan sepanjang BRI Liga 1 2022/2023.

Kalau bukan karena cedera, Kim selalu menjadi pilihan utama pelatih Seto Nurdiyantoro. Dari 34 pertandingan, Kim tampil sebanyak 29 kali atau 2.342 menit bermain. Membukukan enam gol plus dua assist.

Pemain berpostur 168 itu memegang peran yang sangat penting di PSS. Pada musim 2021/2022 dia tidak tergantikan dengan mencatat 32 penampilan.

Oleh karena itu, tidak heran kalau manajemen PSS memperpanjang kontrak eks pemain Persib Bandung itu. Penampilannya diharapkan bisa membantu Laskar Sembada untuk bersaing gelar. Termasuk, ketika menghadapi partai pembuka kontra Bali United, Kim bisa menjadi pembeda dalam laga ini.

Video Populer

Foto Populer