Sukses


BRI Liga 1: Arema FC Kulo Nuwun, Gelar Tradisi Tumpengan di Stadion Kapten I Wayan Dipta

Bola.com, Gianyar - Ada hal lain yag terjadi di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Untuk kali pertama tim Liga 1 menggelar tradisi tumpengan di dalam stadion tersebut.

Tim BRI Liga 1 yang dimaksud adalah Arema FC. Bertempat di markas Bali United, Selasa (5/7/2023) tradisiĀ  tumpengan di pinggir lapangan sebagai ritual memulai kompetisi di homebase baru.

Seperti diketahui, awal musim ini Singo Edan menggunakan Stadion Dipta sebagai kandang sementara. Mereka satu markas dengan tim setempat, Bali United.

Karena Arema FC berasal dari Jawa dan mayoritas pemainnya Muslim, ritual yang dilakukannya berbeda dengan adat di Bali, yang mayoritas beragama Hindu.

Ā 

2 dari 5 halaman

Kulo Nuwun

General Manager Arema FC, Yusrinal Fitriandi, menyebut bahwa tumpengan ini adalah bukan cuma ajang seremonial semata, tetapi juga bentuk permohonan doa restu dan permisi.

"Kami sudah lakukan persiapan, terutama dari sisi penyelenggaraan. Tumpengan ini sekaligus mohon doa restu atau kulo nuwun (permisi) karena Arema akan menggunakan Stadion Dipta,ā€ kata Yusrinal Fitriandi.

Ā 

3 dari 5 halaman

Jamu Persib Bandung

Perlu diketahui, tradisi itu berbeda dengan yang dilakukan tim setempat, Bali United. Sebelum menjalani kompetisi, biasanya mereka melakukan upacara di Pura. Namun, pengelola stadion terbuka kepada Arema saat melakukan ritual yang sesuai dengan tradisi di Jawa.

Singo Edan bakal menggelar pertandingan perdana di Stadion Dipta melawan Persib Bandung, Jumat (5/7/2023). Mereka juga bisa menggelar pertandingan dengan penontonĀ karena sanksi bermain tanpa penonton dari komdis PSSI pasca Tragedi Kanjuruhan sudah berakhir.

Ā 

4 dari 5 halaman

Berharap Tuah Stadion Dipta

Sebenarnya, Arema punya beberapa catatan manis di Stadion Kapten I Wayan Dipta. Tahun 2015 dan 2016, Singo Edan jadi juara Bali Island Cup. Selain itu, musim lalu Arema mampu mengalahkan tuan rumah Bali United 2-1 di stadion ini.

Meskipun ada beberapa catatan kekalahan yang juga dialami Arema, tapi memori manis itu bisa sebagai penyemangat pemain dan manajemen.

Apalagi musim ini, mereka mengawali dengan laga yang berat di Bali. Yakni menjamu Persib Bandung. Tim yang punya materi pemain bintang.

5 dari 5 halaman

Posisi Arema FC saat Ini

Video Populer

Foto Populer