Sukses


Persebaya Vs Barito Putera di BRI Liga 1: RD Siapkan Mental, Bajul Ijo Rotasi?

Bola.com, Surabaya - Barito Putera bakal menghadapi pertandingan yang tak mudah memasuki pekan kedua BRI Liga 1 2023/2024. Mereka dijadwalkan melawat ke markas Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (8/7/2023) malam.

Pelatih Barito Putera, Rahmad Darmawan, berpendapat bahwa kekuatan Persebaya jadi salah satu yang menarik perhatian musim ini. Maklum saja, tim Bajul Ijo melakoni uji coba pramusim dengan status tak terkalahkan.

Mereka menggelar tiga laga uji coba melawan klub Liga 1 dan berakhir tanpa kekalahan. Masing-masing melawan Bali United, Persija Jakarta, dan Persis Solo.

Dan kini, Persebaya Surabaya bakal melakoni partai kandang pertamanya.

Artinya, Barito Putera harus mewaspadai tekanan tim tuan rumah yang juga mendapat dukungan penuh dari suporternya, Bonek.

“Menghadapi tim sekualitas Persebaya ini, pemain harus fokus pada organisasi permainannya, dan fokus pada permainan yang akan dilakukan di lapangan. Saya ingatkan selalu pada pemain, harus ekstra,” kata Rahmad Darmawan dalam jumpa pers jelang laga, Jumat (7/7/2023).

2 dari 4 halaman

Waspada

 

Hasil pertandingan pekan pertama juga menunjukkan Persebaya merupakan tim yang siap tempur. Buktinya, mereka mampu menang 3-2 saat melakoni lawatan ke markas Persis Solo pada pekan lalu, 1 Juli 2023.

Ditambah lagi, Persebaya kali ini bisa menurunkan kekuatan penuh seiring bergabungnya Paulo Victor yang sudah sembuh cedera. Striker asal Brasil ini akan menambah daya gedor Bajul Ijo.

Pelatih yang akrab disapa RD itu mengingatkan kepada pemainnya untuk fokus. Para penggawa Laskar Antasari harus siap mental menghadapi tekanan suporter tuan rumah.

“Kami harus menyiapkan mental di atas puluhan ribu suporter yang punya suara demikian keras. Secara mental dapat mempengaruhi penampilan. Dan yang lebih penting pemain harus bisa menjaga kondisinya sampai besok,” ucapnya.

“Persebaya akan bermain di depan pendukungnya yang luar biasa fanatik. Itu pasti mempengaruhi motivasi dan semangat pemain Persebaya itu sendiri. Tentu dibutuhkan tidak hanya kualitas, tapi mentalitas juga,” ujar RD.

3 dari 4 halaman

Catatan Pertemuan

 

Dari catatan pertemuan, Barito Putera sebenarnya mampu membukukan torehan yang lebih unggul. Total sudah delapan kali kedua tim bertemu di Liga 1 dan Barito Putera menang empat kali. Bandingkan saja Persebaya yang hanya menang dua kali.

Pertemuan terakhir kedua tim juga menjadi milik Laskar Antasari di Liga 1 2022/2023. Saat itu, Persebaya dipaksa takluk 1-2 dengan melawat ke markas Barito Putera pada 9 Maret 2023.

Namun, Barito Putera tergolong tim yang berlangganan menduduki papan bawah klasemen akhir di Liga 1. Tapi, mereka kini mengalami banyak perubahan untuk bersaing di kompetisi kasta tertinggi.

Klub asal Banjarmasin itu kini ditangani oleh Rahmad Darmawan, sosok pelatih lokal yang sangat pengalaman dan trofi juara. Materi pemain mereka juga mengalami banyak perubahan dibanding musim lalu yang menduduki posisi ke-15 klasemen akhir.     

4 dari 4 halaman

Persebaya Rotasi?

Di sisi lain, Persebaya baru melakoni satu pertandingan BRI Liga 1 2023/2024. Namun, sudah ada perubahan komposisi starting eleven memasuki pekan kedua.

Di pekan pertama lalu, mereka menang 3-2 atas Persis Solo (1/7/2023) tanpa kehadiran striker asing Paulo Victor. Pemain asal Brasil itu mengalami cedera hamstring sehingga harus menepi dulu menjalani pemulihan.

Kini, dia sudah sembuh dan siap tempur menghadapi Barito Putera dalam pekan kedua di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (8/7/2023). Namanya hampir pasti mendapat garansi bermain sejak menit pertama.

Dengan kondisi ini, tidak menutup kemungkinan pelatih Persebaya, Aji Santoso, akan mengubah sejumlah nama yang masuk starting eleven. Apakah akan ada rotasi pemain melawan Barito Putera?

“Ini baru pertandingan pertama. Rotasi itu biasanya pertandingan-pertandingan di tengah. Satu pertandingan dua pertandingan kondisi masih segar. Kita lihat nanti rotasi seperti apa,” kata Aji Santoso, Jumat (7/7/2023).

“Saya sampaikan kepada seluruh pemain saya. Main tidak main, dipasang tidak dipasang, mereka harus siap. Mereka digaji oleh Persebaya untuk berlatih dan bertanding,” imbuh Aji Santoso.

Video Populer

Foto Populer