Sukses


BRI Liga 1: Gavin Kwan Adsit Cedera, Pelatih Persis Temukan Solusi Jitu untuk Atasi Krisis Bek Kanan

Bola.com, Solo - Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina, sudah memiliki banyak opsi pemain untuk mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Gavin Kwan Adsit yang harus absen lama karena cedera.

Absennya Gavin tentu menjadi problem serius di sektor pertahanan Laskar Sambernyawa. Dia setidaknya harus absen hingga empat bulan karena mengalami robekan pada otot pangkal paha di kaki kirinya.

Posisi yang ditinggalkan Gavin ini sudah berusaha diatasi oleh Persis Solo. Misalnya, pada laga melawan PSS, Leonardo Medina menurunkan Althaf Indie Alrizky yang posisi naturalnya sebagai sayap kanan.

“Pada laga melawan PSS, Althaf bermain sangat bagus meskipun sebetulnya dia sudah tidak bermain dalam waktu yang lama. Dia bermain apik saat mendapat kesempatan,” kata Leonardo Medina.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Maksimalkan Opsi yang Tersedia

Juru taktik asal Meksiko ini menjelaskan, tim pelatih masih punya sejumlah pilihan untuk substitusi posisi bek kanan. Ada pemain yang karakteristiknya multi-posisi atau bisa bermain di sejumlah tempat yang berbeda.

“Sebetulnya kami memiliki banyak sekali pilihan untuk mengisi posisi Gavin. Tentu saja karakteristik dari masing-masing pemain ini berbeda,” ujarnya.

“Beberapa pemain memberi kami variasi untuk membantu serangan, sedangkan pemain lainnya punya karakteristik lebih defensif,” tambah eks asisten pelatih Johor Darul Takzim (JDT) ini.

3 dari 4 halaman

Reposisi Jadi Solusi

Sebelum absennya Gavin, Persis juga harus berusaha mencari pemain di pos bek kiri untuk menggantikan Abduh Lestaluhu yang hengkang. Solusinya ialah menggeser Eky Taufik yang berposisi sebagai bek kanan.

Sebagai gantinya, masih ada beberapa pemain yang bisa diplot untuk mengisi bek kanan. Beberapa di antaranya ialah Faqih Maulana dan Chrystna Bhagascara.“Althaf bermain sangat baik pada laga terakhir. Kami masih punya Bhagas dan Faqih. Kami juga bisa menggeser Eky Taufik dari pos bek kanan menjadi bek kiri,” ujarnya.

“Kami punya banyak opsi karena kami telah bekerja keras. Mungkin ini yang tidak dilihat orang-orang. Para pemain sudah bekerja keras dalam sesi latihan,” imbuhnya.

 

4 dari 4 halaman

Disesuaikan dengan Kebutuhan

Pelatih berusia 52 tahun ini mengatakan, pihaknya akan menempatkan setiap pemain sesuai dengan kebutuhan masing-masing pertandingan. Oleh karena itu, ia tak risau dengan absennya Gavin selama empat bulan ke depan.

“Kanu, misalnya, harus bermain sebagai bek tengah dan dia bisa menjalankan tugas itu dengan baik. Dia juga bisa bermain sebagai bek sayap dan bisa bermain baik,” ujarnya.

“Hal ini tergantung pada kebutuhan setiap laga. Namun, tentu saja kami memiliki banyak opsi untuk memindahkan posisi bermain. Kami harus bisa menang dengan opsi-opsi yang kami miliki,” imbuhnya.

Video Populer

Foto Populer