Sukses


BRI Liga 1: Kembali Dapat Peran Caretaker di Persib, Begini Perasaan Yaya Sunarya

Bola.com, Bandung - Ditinggal pelatih kepala bukan hal yang baru bagi pelatih fisik Persib Bandung, Yaya Sunarya. Tim Maung Bandung baru saja berpisah dengan Luis Milla saat BRI Liga 1 2023/2024 baru berjalan tiga pekan.

Lantas Yaya Sunarya mendapat peran sebagai caretaker atau pelatih sementara. Namun ternyata situasi seperti ini pernah dialaminya beberapa kali selama berada di tubuh Persib.

Ya, berdasarkan pengalamannya, Yaya Sunarya menyebutkan ini keempat kalinya di tinggal pelatih kepala saat menjadi asisten pelatih Persib Bandung.

"Buat saya sendiri situasi ini bukan hanya sekali, berdasarkan pengalaman, musim lalu Robert Albert pun ga ada, lalu ada jeda, kemudian Luis Milla sekarang tidak ada, akhirnya saya pegang tim," jelas Yaya Sunarya usai memimpin sesi latihan Persib di Stadion GBLA, Bandung, Senin (17/7/2023).

"Sebelumnya juga pernah di saat masuk pelatih Miljan Radovic, lalu pada tahun 2003 sama Juan Paez. Sebetulnya situasi seperti ini ya situasional, sebagai teman, sesama pelatih tentunya normal kami sedih dengan situasi ini," lanjut Yaya Sunarya.

2 dari 6 halaman

Tetap Tegar

Situasi apapun itu kata Yaya Sunarya merupakan bagian dari sebuah proses kehidupan, sama halnya di kehidupan luar sepak bola, dimana suka dan duka pasti akan selalu ada.

"Jadi di latihan ini kami saling menguatkan, kami bersikap profesional, wajar misalnya ada hal yang berbeda karena tidak ada kehadiran coach dan teman-temannya termasuk para asisten pelatih asal Spanyol," jelas Yaya.

3 dari 6 halaman

Tetap Profesional

Selain itu lanjut Yaya, ia dan para pemainnya bersaha untuk menyikapi kejadian di Persib saat ini dengan sikap dan attitude yang normal, serta harus tetap melakukan aktivitas seperti biasa untuk persiapan menghadapi pertandingan selanjutnya.

"Teman-teman juga, baik tim pelatih yang ada, para pemain menyatakan  siap melanjutkan aktivitas mereka sebagai pemain profesional," tegas caretaker berusia 51 tahun ini.

4 dari 6 halaman

Akhiri Kerja Sama

Seperti diketahui, usai melewati laga ketiga di BRI Liga 1 2023/2024, Luis Milla memutuskan mundur sebagai pelatih kepala dengan alasan persoalan pribadi.

Keputusan itu diungkapkan pelatih asal Spanyol tersebut pada Sabtu (15/7/2023) di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Bandung didampingi Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar dan Kuswara S. Taryono serta Deputi CEO PT PBB, Teddy Tjahjono.

5 dari 6 halaman

Tugas Berat

Sebagai penggantinya, manajemen Persib menunjuk Yaya Sunarya sebagai caretaker dibantu Luizinho Passos dan Bayu Eka Sari untuk menghadapi kompetisi BRI Liga 1 musim ini.

Persib ditinggalkan Luis Milla dengan hasil imbang secara beruntun tiga laga di Liga 1 musim ini, yakni imbang 1-1 lawan Madura Unied, 3-3 lawan Arema FC, dan 2-2 lawan Dewa United.

6 dari 6 halaman

Tengok Posisi Persib di BRI Liga 1 Musim Ini

Video Populer

Foto Populer