Sukses


Distribusi Gelar Juara Piala AFF U-23: Koleksi Trofi Timnas Indonesia Selevel dengan Thailand dan Vietnam

Bola.com, Jakarta - Piala AFF U-23 2023 tak lama lagi akan digelar. Turnamen usia muda di Asia Tenggara itu akan berlangsung di Thailand mulai 17 Agustus mendatang.

Timnas Indonesia U-23 dipastikan akan berlaga di Piala AFF U-23 2023. PSSI sudah menunjuk Shin Tae-yong untuk menukangi skuad Garuda Muda pada ajang tersebut.

Timnas Indonesia U-23 punya sejarah apik pada turnamen ini. Indonesia pernah menjadi juara pada edisi 2019. Saat itu turnamen tersebut memilikii titel Piala AFF U-22 dan berlangsung di Kamboja.

Tim yang ketika itu diasuh Indra Sjafri mampu menjadi juara setelah menang 2-1 atas Thailand di final.

Selain Timnas Indonesia, Thailand dan Vietnam juga sama-sama memiliki satu gelar di Piala AFF U-23. Vietnam menjadi juara terkini ajang tersebut pada edisi 2022.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Sempat Vakum Lama

Piala AFF U-23 pertama kali digelar di Thailand pada 2005. Saat itu turnamen usia muda tersebut memiliki titel AFF U-23 Youth Championship.

Thailand menjadi juara pada edisi perdana. Mereka mampu meraih kemenangan telak 3-0 atas Singapura pada final.

Menariknya, ajang itu sempat lama vakum. Piala AFF U-23 sempat berhenti selama delapan tahun sebelum bisa kembali digelar pada 2019.

3 dari 4 halaman

Andalkan Skuad SEA Games 2023?

Piala AFF U-23 2023 akan digelar kurang dari sebulan lagi. Namun, sampai saat ini belum ada pergerakan dari Timnas Indonesia U-23.

Shin Tae-yong sebenarnya bisa mengandalkan pemain Timnas Indonesia U-23 yang meraih medali emas di SEA Games 2023. Mereka tengah dalam kondisi yang bagus.

Selain itu tak ada pemain dari skuad juara itu yang cedera. Kesulitan mungkin akan dialami ketika akan memanggil pemain yang berlaga di luar negeri.

4 dari 4 halaman

Distribusi Gelar Piala AFF U-23

  • Thailand (1 juara, 2 runner-up)
  • Vietnam (1 juara, 1 posisi ketiga)
  • Indonesia (1 juara)

Video Populer

Foto Populer