Sukses


Irfan Bachdim dan 6 Pemain Berlabel Timnas Indonesia yang Belum Laku di BRI Liga 1

Bola.com, Jakarta - BRI Liga 1 2023/2024 akan memasuki pekan keempat. Namun, tujuh pemain berlabel Timnas Indonesia ini masih belum mempunyai klub. Siapa saja?

Berstatus sebagai pemain yang pernah membela Timnas Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ternyata tidak menjamin pemain untuk bisa mendapatkan klub dengan mulus.

Irfan Bachdim misalnya, penyerang dengan 40 caps dan sebelas gol di Timnas Indonesia itu tidak masuk skuad Persis Solo untuk musim ini.

Bachdim telah memperkuat Persis sejak 2021. Pada musim lalu, pesepak bola kelahiran Amsterdam, Belanda, ini hanya sebelas kali menjadi starter dan sembilan kali masuk dari bangku cadangan.

Parahnya, tim berjulukan Laskar Sambernyawa itu tidak mengumumkan nasib Bachdim. Di tengah kesimpangsiuran masa depannya, pemain berusia 34 tahun itu malah asyik berlibur dengan keluarganya di Eropa.

Selain Bachdim, siapa lagi pemain beratribut Timnas Indonesia yang belum laku di BRI Liga 1? Berikut Bola.com merangkum enam di antaranya.

2 dari 8 halaman

Andik Vermansah

Tiga tahun kebersamaan Andik Vermansah dengan Bhayangkara FC harus berakhir pada akhir musim lalu. Kedua belah pihak sepakat untuk tidak memperpanjang perjanjian.

Andik, yang pernah mendapatkan julukan Lionel Messi dari Indonesia itu, masih belum memiliki klub. Padahal, pemain berusia 31 tahun ini mempunyai modal 30 penampilan dengan Timnas Indonesia.

3 dari 8 halaman

Zulfiandi

Zulfiandi hampir menghilang selama setahun karena cedera putus ligamen lutut pada 2022. Setelah sembuh, gelandang berusia 27 tahun itu meninggalkan Madura United.

Zulfiandi tidak tergantikan di lini tengah Timnas Indonesia pada 2018-2019 dengan catatan 10 pertandingan. Namun, stastisik itu belum mampu mengundang keseriusan klub BRI Liga 1.

4 dari 8 halaman

Lerby Eliandry

Setelah hanya bermain 13 kali dengan torehan dua gol pada musim lalu, Lerby Eliandry memutuskan untuk cabut dari Bali United. Anehnya, striker berusia 31 tahun itu masih free transfer hingga saat ini.

Padahal, Lerby masih sangat layak untuk bermain di BRI Liga 1, terutama buat dijadikan back-up lini depan. Saat memperkuat Timnas Indonesia, mantan pemain Borneo FC Samarinda itu bertanding 12 kali dengan mencetak satu gol.

5 dari 8 halaman

Osvaldo Haay

Bergabung dengan Persija Jakarta bikin karier Osvaldo Haay lepas landas. Winger berusia 25 tahun itu meredup total setelah sempat mekar di usia muda.

Osvaldo beberapa kali dihantam cedera di Persija yang membuatnya susah kembali ke performa terbaiknya. Akibatnya, caps-nya mentok di angka enam penampilan bersama Timnas Indonesia.

6 dari 8 halaman

Yanto Basna

Cedera bikin karier Yanto Basna mati suri. Bek dengan 14 penampilan bersama Timnas Indonesia itu praktis belum pernah bermain lagi selama dua musim terakhir.

Yanto Basna sempat dikontrak Bhayangkara FC pada musim lalu. Namun, bek berusia 28 tahun itu malah tidak didaftarkan ke kompetisi. Saat ini, masa depan Basna masih gelap.

7 dari 8 halaman

Ruben Sanadi

Ruben Sanadi masih menjadi pemain utama di pos bek sayap kiri Bhayangkara FC pada musim lalu. Pemain berusia 36 tahun itu bisa tampil dalam 25 pertandingan.

Tapi, kontrak Ruben Sanadi tidak diperpanjang oleh Bhayangkara FC. Belum tahu akan ke mana pemegang sebelas caps untuk Timnas Indonesia ini bakal berlabuh.

8 dari 8 halaman

Persaingan Musim Ini

Video Populer

Foto Populer