Sukses


Perang Taktik Pelatih PSM Vs Persib di BRI Liga 1: Bukan Caretaker Biasa

Bola.com, Jakarta - Persib Bandung akan melakoni laga tandang melawan PSM Makassar dalam laga pekan keempat BRI Liga 1 2023/2024. Duel kedua tim digelar di Stadion BJ Habibie, Parepare, Sulawesi Selatan, Sabtu (22/7/2023).

Duel menghadapi PSM menjadi laga pertama Persib Bandung tanpa Luis Milla. Pelatih asal Spanyol itu resmi berpisah dengan Skuad Maung Bandung karena faktor keluarga.

Keputusan mundur Luis Milla terbilang mendadak. Pelatih yang pernah memperkuat Barcelona dan Real Madrid itu mengumumkan pengunduran dirinya selepas laga melawan Dewa United, pekan lalu.

Sebagai gantinya, manajemen Persib Bandung menunjuk Yaya Sunarya sebagai pelatih sementara. Yaya akan  dibantu dua staf pelatih Persib yakni I Made Wirawan dan Luizinho Passos.

 

2 dari 5 halaman

Bukan Pengalaman Pertama

Penunjukan Yaya Sunarya sebagai caretaker memang bukan barang baru. Pelatih yang mengantongi lisensi A tersebut sempat mengalami situasi serupa saat mengganti posisi pelatih Robert Albert yang mengalami sakit pada 2019.

Dia juga pernah mengambil alih kepelatihan dari Djadjang Nurdjaman musim 2017, Miljan Radovic 2019, dan Juan Paez 2003.

"Kalau buat saya sendiri situasi ini bukan hanya sekali ya, berdasarkan pengalaman artinya, ketika musim lalu Robert pun enggak ada, lalu ada jeda Luis Milla enggak ada akhirnya pegang tim. Sebelumnya juga waktu sama Pak Djadjang pas masuk Radovic ya lepas, sebelumnya juga 2003 sama Juan Paez," ungkap Yaya belum lama ini.

 

 

3 dari 5 halaman

Jago Meracik Tim

Dengan pengalamannya itu, Yaya tidak merasa canggung memberikan instruksi kepada para pemain di pinggir lapangan.

Namun, pelatih berusia 50 tahun ini kemungkinan  tetap menggunakan pola latihan yang sama seperti diterapkan Luis Milla. Menurutnya, tidak mudah para pemain untuk memahami pola latihan yang berbeda.

"Saya bukan ahli sihir, paranormal yang akan berubah dan hasilnya akan bagus, tapi pemain perlu adaptasi dan mereka jangan sampai kaget ada latihan yang misalnya bikin mereka berbeda 100 persen," terangnya.

Meski sebagai caretaker, Yaya dikenal jago dalam meracik tim. Terbukti, dia sempat membawa Persib meraih kemenangan 3-1 atas Persipura Jayapura di Liga 1 musim 2019.

 

 

4 dari 5 halaman

Catatan Menjanjikan

Sementara itu, PSM Makassar dalam motivasi tinggi menyusul kemenangan melawan Persikabo 1973 di Stadion Pakansari, Bogor, pekan lalu. Duel kedua tim berakhir dengan skor 1-0 untuk keunggulan Juku Eja.

Pelatih PSM, Bernardo Tavares pastinya ingin menjaga tren positifnya ketika bersua Maung Bandung. Apalagi, mereka bermain di depan publik sendiri.

Adu taktik Bernado Tavares dengan Yaya Sunarya memang baru pertama kali. Namun, Tavares punya catatan menjanjikan ketika bertemu Persib Bandung.

Dua pertemuan terakhirnya musim lalu, PSM sukses memetik poin penuh. Pada putaran pertama PSM menang telak 5-1 atas Persib Bandung di Stadion BJ Habibie, Parepare pada 29 Agustus 2022.

Kemudian, putaran kedua bertandang ke markas Persib di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, 14 Februari 2023, Juku Eja kembali memetik kemenangan 1-2. 

5 dari 5 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer