Sukses


3 Pelatih yang Berpotensi Lengser dari Jabatannya Menyusul Aji Santoso di BRI Liga 1

Bola.com, Jakarta - Lengsernya Aji Santoso dari kursi pelatih kepala Persebaya Surabaya semakin menegaskan kerasnya persaingan BRI Liga 1 2023/2024. Bukan tidak mungkin, nasib ini akan menimpa beberapa juru taktik lainnya.

Sebelum Aji Santoso ‘diistirahatkan’ dari tugasnya sebagai nakhoda Persebaya Surabaya, sudah ada sejumlah pelatih yang harus kehilangan pekerjaannya di BRI Liga 1 musim ini. Mereka adalah Luis Milla (Persib Bandung), Aidil Sharin (Persikabo 1973), dan I Putu Gede (Arema FC).

Catatan ini tentu terhitung mengejutkan. Pasalnya, saat kompetisi BRI Liga 1 baru bergulir enam pekan, sudah ada empat pelatih yang harus mengakhiri tugasnya. Pemecatan ini memang tak terlepas dari buruknya performa masing-masing tim.

Bukan tidak mungkin, sejumlah pelatih kepala lainnya akan bernasib sama. Sebab, sampai saat ini, kinerja anak asuhnya masih belum bisa memuaskan. Bahkan, mereka harus terdampar di papan bawah klasemen.

Jika performa ini tak kunjung membaik, nama-nama pelatih ini harus segera bersiap-siap untuk mengakhiri pekerjaannya. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

2 dari 5 halaman

Marian Mihail

Setelah sempat tampil mengejutkan, performa PSS Sleman semakin melorot. Pada laga perdana BRI Liga 1 2023/2024, Elang Jawa sukses mencuri tiga poin dari markas Bali United seusai menang tipis 1-0.

Namun, semenjak saat itu, PSS Sleman tak kunjung meraih kemenangan. Mereka tercatat meraih tiga kali imbang serta dua kekalahan pada lima pertandingan berikutnya di BRI Liga 1 2023/2024.

Yang terbaru, PSS dipaksa menelan kekalahan pertamanya di markasnya sendiri. Menjamu Persija Jakarta, Jonathan Bustos dan kolega justru digasak dengan skor 1-3. Kekalahan inilah yang membuat suporter merasa gerah.

Bahkan, sempat terjadi aksi pitch invasion, seusai peluit panjang dibunyikan. Andai tak mampu mengangkat performa Elang Jawa, bukan tak mungkin Marian Mihail akan segera menyusul Aji Santoso.

3 dari 5 halaman

Joko Susilo

Pelatih Arema FC saat ini, Joko Susilo, juga punya kemungkinan besar untuk terdepak dari posisinya. Sebab, tak ada perubahan berarti sejak rekan duetnya, I Putu Gede Dwi Santoso, memutuskan mengundurkan diri pada pekan keempat BRI Liga 1.

Setelah kekalahan dari Bali United itu, performa Singo Edan tak kunjung membaik. Yang terbaru, mereka menelan kekalahan telak empat gol tanpa balas dari Barito Putera setelah sempat ditahan imbang Persis Solo dengan skor 1-1.

Dua hasil minor ini memperpanjang catatan tanpa kemenangan Arema FC di BRI Liga 1. Akibatnya, Singo Edan tersungkur di dasar klasemen sementara dengan koleksi dua poin dari enam laga.

Bukan tidak mungkin, buruknya performa Arema FC pada awal musim ini akan berimbas pada nasib Gethuk, sapaan akrab Joko Susilo, dari kursi pelatih kepala Singo Edan pada awal musim ini.

4 dari 5 halaman

Emral Abus

Pelatih kepala Bhayangkara FC, Emral Abus, bisa sedikit bernafas lega pada pertandingan pekan keenam BRI Liga 1 2023/2024. The Guardian akhirnya meraih kemenangan pertamanya setelah membungkam Persita Tangerang dengan skor 1-0.

Sebagai informasi, ini menjadi kemenangan perdana bagi Bhayangkara FC pada awal musim ini. Sebelumnya, klub milik Korps Kepolisian ini sempat empat kali kalah dan meraih satu imbang.

Meski sukses meraup tiga poin pertama, The Guardian tetap belum bisa bergembira sepenuhnya. Sebab, posisi mereka saat ini masih terjebak di zona merah klasemen BRI Liga 1 2023/2024.

Dari enam laga, hanya ada empat poin yang didapatkan. Pada laga berikutnya, mereka akan berjumpa tim pesakitan lainnya, Persebaya Surabaya. Tak menutup kemungkinan jika nasib Emral Abus akan ditentukan lewat hasil pertandingan ini.

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan di Musim Ini

Video Populer

Foto Populer