Sukses


Mengulas Komposisi Lini Tengah Timnas Indonesia U-23: Didominasi Jebolan SEA Games 2023 dan Anak Kesayangan Shin Tae-yong

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, memanggil 26 pemain untuk menghadapi Piala AFF U-23 2023. Untuk komposisi lini tengah, nama-nama pemain yang dipilih memang sudah akrab dengan pelatih asal Korea Selatan itu.

Memang ada banyak pemain di lini tengah yang sebelumnya sudah pernah diasuh oleh Shin Tae-yong. Beberapa di antaranya juga berstatus jebolan Timnas Indonesia U-20 yang disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023.

Selain itu, Shin Tae-yong juga memberi ruang bagi alumnus skuad Garuda Muda yang sempat tampil di SEA Games 2023. Sektor lini tengah memang didominasi pemain-pemain yang sukses meraih medali emas.

Menariknya, ada satu pemain naturalisasi yang juga dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023. Namun, belum ada kepastian apakah pihak klub bersedia melepasnya karena kejuaraan ini tak tercantum dalam kalender FIFA Matchday.

Ada pula nama-nama pemain baru yang mendapat kesempatan masuk Timnas Indonesia U-23. Mereka memang sukses mencuri perhatian di BRI Liga 1 2023/2024. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

 

2 dari 4 halaman

Didominasi Jebolan SEA Games 2023

Sejumlah nama pemain yang pernah membantu Indra Sjafri mengantarkan Timnas Indonesia U-22 meraih medali emas di ajang SEA Games 2023 terhitung sangat dominan di sektor lini tengah.

Sosok pemain tersebut ialah Muhammad Taufany Muslihuddin, Beckham Putra Nugraha, dan Fajar Fathur Rahman. Selain itu, Kanu Helmiawan juga sempat ikut TC Timnas U-23, tetapi tak dibawa ke SEA Games 2023.

Hampir semua pemain ini memang sudah bermain reguler bersama klubnya masing-masing. Beckham Putra Nugraha menjadi nama yang cukup mentereng karena sudah menghasilkan dua assist untuk Persib Bandung.

 

3 dari 4 halaman

Pemain Kesayangan Shin Tae-yong

Dalam daftar tersebut, terdapat sejumlah pemain yang pernah menjadi andalan Shin Tae-yong saat mengasuh Timnas Indonesia U-20. Para pemain ini awalnya diproyeksikan untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023.

Mereka adalah Arkhan Fikri dan Robi Darwis. Kedua gelandang muda ini memang sudah mulai mendapat menit bermain bersama klubnya masing-masing di BRI Liga 1.

Arkhan Fikri, misalnya, sudah mencatatkan enam pertandingan bersama Arema FC. Dia sempat memainkan tiga laga sebagai starter. Adapun tiga penampilan lainnya dimulai dari bangku cadangan.

Sementara itu, Robi Darwis masih berusaha mencuri kesempatan bersama Persib Bandung. Dia tercatat sudah tampil dalam lima pertandingan, tapi hanya satu kali bermain sejak menit awal. Robi punya satu keunggulan, yakni lemparan ke dalam jarak jauh yang bisa jadi andalan.

Selain nama-nama lokal tersebut, muncul satu gelandang andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20, yakni Ivar Jenner. Namun, belum dipastikan apakah pemain keturunan Belanda ini akan dilepas klubnya.

 

4 dari 4 halaman

Wajah-Wajah Baru

Regulasi penggunaan pemain dengan kategori U-23 di BRI Liga 1 juga memunculkan nama-nama pemain muda yang menjanjikan. Bahkan, beberapa di antaranya muncul dalam daftar panggilan Timnas U-23.

Dua nama pemain yang menarik perhatian ialah Esal Sahrul dan Salim Tuharea. Keduanya sama-sama berposisi sebagai winger. Esal Sahrul, misalnya, sempat mencuri perhatian bersama Persita Tangerang.

Sebab, pemain berusia 21 tahun ini sudah menyumbangkan dua gol untuk Pendekar Cisadane dari lima penampilannya di BRI Liga 1. Sementara itu, Salim Tuharea sudah mencatat tiga laga bersama Madura United.

Video Populer

Foto Populer