Sukses


Pembuktian Abdul Rahman, dari Liga 3, RANS, hingga Timnas Indonesia untuk Piala AFF U-23 2023

Bola.com, Jakarta - Penyerang RANS Nusantara, Abdul Rahman mendapat kesempatan mengikuti pemusatan latihan atau training center (TC) Timnas Indonesia U-23. Pemain asal Kabupaten Karimun, Kepri itu jadi satu-satunya wakil RANS Nusantara yang bergabung di TC Timnas kali ini.

Pemusatan latihan yang akan berlangsung pada 10 Agustus itu diikuti sebanyak 23 pemain. Adapun TC ini sebagai persiapan menghadapi Piala AFF U-23 2023 pada 17-26 Agustus di Thailand.

Tim Merah-Putih tergabung di Grup B bersama Timor Leste dan Malaysia. Pada partai pembuka Indonesia ditantang Timnas Malaysia pada 18 Agustus 2023. Kemudian dua hari selanjutnya bersua Timor Leste di Stadion Rayong Provincial Stadium.

"Untuk menghadapi Piala AFF U-23 2023 kami memanggil 23 pemain. Kami memulai persiapan pemusatan latihan mulai tanggal 10 Agustus di Jakarta," ujar pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong seperti dilansir dari laman resmi PSSI.

 

2 dari 5 halaman

Wajah Baru

Selain Abdul, Shin Tae-yong juga memanggil empat muka baru yakni Muhammad Ragil dari Bhayangkara Presisi, Salim Akbar (Madura United), Rifky Dwi dan Esal Sahrul (Persita Tangerang).

Sementara itu, nama-nama langganan Timnas macam Rizky Ridho (Persija), Bagas Kaffa (Barito Putera), Beckham Putra (Persib), Ernando Ari (Persebaya) juga masih ada dalam daftar pemanggilan ini.

"Pada pemanggilan ini, ada sejumlah pemain baru yang kami kombinasikan dengan pemain yang sudah sering dipanggil timnas," imbuh pelatih asal Korea Selatan tersebut.

 

3 dari 5 halaman

Spesial

Bagi Abdul Rahman, pemanggilan ini terasa sangat spesial. Pemain berusia 21 tahun itu mengaku bersyukur sekaligus tak menyangka dipanggil TC Timnas untuk kali pertama.

"Yang pertama bersyukur kepada Tuhan karena saya bisa dipanggil di Timnas U-23. Ini juga berkat doa orang tua, lalu teman-teman dan staff pelatih dari RANS Nusantara karena jasanya membuat saya dipanggil untuk berlaga pada Piala AFF U-23 2023," ungkap Abdul.

"Dan ini sebuah kehormatan bagi saya untuk bergabung dengan sejumlah pemain muda terbaik di Indonesia," sambungnya.

 

4 dari 5 halaman

Unjuk Gigi

Abdul Rahman berjanji akan bekerja ekstrakeras dalam TC. Pemain bernomor punggung 11 itu tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan. Apalagi, dia jadi satu-satunya wakil RANS Nusantara yang dipanggil ke Timnas.

"Dipanggil Timnas adalah mimpi setiap pemain. Ini adalah awal dan selanjutnya saya akan bekerja dengan sungguh-sungguh untuk mengeluarkan kemampuan terbaik. Dan satu yang pasti, saya siap berproses untuk menjadi lebih baik lagi," tegasnya.

Sebelum bergabung dengan RANS Nusantara, Abdul memperkuat Badak Lampung FC dan Serpong City FC di Liga 3 Zona Banten selama setengah musim. Jatuh bangun sebagai pesepakbola telah dilalui Abdul Rahman. Dia bahkan pernah menjalani seleksi di berbagai daerah untuk bisa bergabung dengan tim-tim lain.

 

5 dari 5 halaman

Menjanjikan

Pelatih RANS Nusantara, Eduardo Almeida senang dan bangga anak asuhnya mendapat panggilan Timnas. Juru taktik asal Portugal itu mengatakan, pemusatan latihan ini merupakan kesempatan besar bagi Abdul untuk mengasah kemampuannya.

"Saya sangat senang dengan pemain, apalagi dia dulunya dari Liga 3 dan sekarang bisa pergi ke tim nasional. Ini membuat saya bisa bahagia karena dia telah bermain bagus dan membantu tim untuk mencapai target," kata Almeida.

Ya, Abdul Rahman memang tampil cukup baik di BRI Liga 1 2023/2024. Pemain kelahiran 1 Agustus 2002 itu diturunkan sebanyak enam kali dan mencetak sebiji gol. Soal absennya Abdul membela tim, Eduardo Almeida tak terlalu mempermasalahkan.

"Tidak, tidak berdampak apapun kepada tim dengan absennya Abdul dan semua pemain di sini itu penting. Jadi Abdul Rahman enggak akan bermain sementara dalam beberapa waktu," paparnya.

Video Populer

Foto Populer