Sukses


Marcelo Rospide: Kualitas Pemain Lokal Jadi Penentu Keberhasilan Tim di BRI Liga 1 2023/2024

Bola.com, Jakarta Sebelum kick-off BRI Liga 1 2023/2024, pelatih Persik Kediri, Marcelo Rospide pernah menyatakan kualitas pemain lokal bisa jadi penentu keberhasilan sebuah tim.

Ucapan arsitek asal Brasil itu telah terbukti saat Persik menahan imbang Bali United 1-1 pada laga pekan ketujuh lalu di Bali. Di babak kedua, Marcelo berani mengganti tiga legiuner asing sekaligus dengan memasukkan pemain lokal.

Trio asing yang ditarik adalah Renan Silva, Jefinho, dan Flavio Silva. Mereka digantikan Fitra Ridwan, Faris Aditama, dan M. Khanafi. Hasilnya luar biasa. Tiga penggawa lokal tersebut termasuk Feri Pahabol dan Jeam Kelly Sroyer yang masuk di paruh kedua berhasil menambah daya dobrak Persik Kediri.

"Ini kompetisi yang panjang. Jadi tiap tim harus punya kedalaman skuad yang seimbang di tiap posisi. Kuncinya pada materi pemain lokal," katanya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Fakta

Pernyataan Marcelo ada benarnya. Jika di rata-rata tiap tim memiliki 30 pemain, maka jumlah enam sosok asing hanya seperlima dari total skuad.

Padahal semua pemain pasti memiliki kendala. Apakah karena faktor kebugaran atau terkena akumulasi kartu. Sehingga pemain tersebut akan absen berlaga. Nah, jika yang mangkir sosok asing, maka otomatis pemain lokal harus siap jadi penggantinya.

"Jadi tim harus memiliki pemain asing dan lokal berkualitas. Di Persik, saya memperlakukan semua pemain sama. Tinggal saya memasang mereka sesuai kebutuhan dan skema permainan tim," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Persaingan Pekan 7

Persaingan kompetisi kasta tertinggi Indonesia BRI Liga 1 2023/2024 berjalan sengit setelah menyelesaikan pekan ketujuh. Madura United masih berdiri kukuh di puncak klasemen meski menelan kekalahan 1-3 di markas RANS Nusantara

Persita Tangerang harus menanggung malu saat kalah dari tamunya PSM Makassar 0-1, Senin sore. Kemudian kemenangan di depan mata Bali United digagalkan Persik Kediri saat kedua tim harus puas berbagi angka 1-1.

Persebaya Surabaya keluar dari tekanan dengan meraih kemenangan penting 2-1 di markas Bhayangkara FC. Persib Bandung tak berkutik di markas Persis Solo dan kalah 1-2.

Persija Jakarta juga hanya puas berbagi angka 1-1 ketika menjamu Borneo FC. adapun PSIS mempersembahkan kemenangan untuk suporternya dengan menekuk Arema FC 2-0.

Pekan ke-8 BRI Liga 1 2023/2024 langsung berlanjut akhir pekan ini, Jumat-Senin (11-14/8/2023) ditandai dengan laga Bali United menjamu PSM Makassar. Ada juga kesempatan Persib untuk bangkit saat menjamu Barito Putra.

4 dari 4 halaman

Posisi Persik

Video Populer

Foto Populer