Sukses


Jadwal di BRI Liga 1 Padat, PSM Ogah Lepas Dzaky Asraf ke Timnas Indonesia U-23 untuk Piala AFF U-23 2023

Bola.com, Makassar - Timnas Indonesia U-23 sudah menggelar pemusatan latihan atau training center (TC) untuk Piala AFF U-23 2023 di Jakarta pada Kamis (10/8/2023) sore WIB. Namun, latihan ini belum diikuti oleh semua pemain, termasuk penyerang PSM Makassar, Dzaky Asraf.

Adapun TC Timnas Indonesia U-23 yang digelar di Lapangan A Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta itu baru diikuti 17 pemain. Selain Dzaky, lima pemain yang belum menunjukkan batang hidungnya yakni Rizky Ridho dari Persija Jakarta.

Disusul Beckham Putra (Persib Bandung), Alfeandra Dewangga dan Muhammad Adi Satryo (PSIS Semarang), serta Kadek Arel (Bali United).

Ketua Badan Tim Nasional (BTN) PSSI, Sumardji, mengatakan sejumlah pemain belum hadir lantaran harus menjalani beberapa pertandingan di BRI Liga 1 2023/2024.

Dia memastikan para pemain ini akan menyusul dalam waktu dekat. Lantas, bagaimana dengan Dzaky Asraf yang sedang berkiprah di PSM Makassar?

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Tak Dilepas Klub

Rupanya, pemain kelahiran Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat itu urung bergabung ke Timnas Indonesia U-23 karena tidak mendapatkan izin dari klub. Hal ini disampaikan Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Abdul Karim.

"Surat pemanggilan Dzaky sudah kami terima, tapi manajemen PSM juga sudah bersurat dan menyampaikan keberatan melepas Dzaky Asraf," ujar Sulaiman kepada Bola.com, Kamis (10/8/2023) malam.

"Alasannya tenaga Dzaky sangat dibutuhkan tim, karena jadwal pertandingan yang sangat padat di liga dan AFC," sambungnya.

3 dari 5 halaman

Sesuai Regulasi

PT Liga Indonesia Baru (LIB) menerapkan regulasi baru untuk Liga 1 2022/2023. Salah satunya terkait penggunaan pemain dibawah usia 23 tahun. Dalam aturan ini, setiap klub wajib memainkan satu pemain U-23 sebagai starter selama minimal 45 menit.

"Lagi pula ada regulasi soal pemain U-23 di Liga 1. Kalau kami melepas Dzaky, maka pilihan pemain U-23 untuk dimainkan menjadi berkurang. Apalagi kami juga sudah kehilangan Ananda Raehan," katanya.

Ya, sebelumnya klub berjukukan Juku Eja itu harus kehilangan Ananda Raehan karena mengikuti pendidikan kepolisian. Jebolan Timnas Indonesia U-22 itu otomatis akan absen membela PSM untuk beberapa bulan ke depan.

4 dari 5 halaman

Jadwal Padat

Jawara Liga 1 musim lalu itu memang dihadapkan dengan jadwal padat pada Agustus ini. Selain bertarung di Liga 1, Pasukan Ramang juga harus berjuang di fase play-off AFC Cup.

Menurut jadwal, PSM Makassar akan bertanding melawan pemenang antara Yangon United FC versus Kasuka FC di babak play-off pada 23 Agustus 2023 mendatang.

Sementara di BRI Liga 1, PSM saat ini tertahan di papan tengah klasemen sementara. Juku Eja berada di posisi delapan dengan tabungan 11 poin. Hasil dari tiga kemenangan, dua imbang, dan dua kekalahan.

5 dari 5 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia U-23

23 Pemain Timnas Indonesia U-23 untuk Persiapan Piala AFF U-23 2023

Kiper: Ernando Ari Sutaryadi (Persebaya Surabaya), Muhamamd Adi Satryo (PSIS Semarang), Daffa Fasya (Borneo FC Samarinda)

Bek: Rizky Ridho (Persija Jakarta), Muhammad Ferarri (Persija Jakarta), Alfeandra Dewangga (PSIS Semarang), Bagas Kaffa (Barito Putera), Komang Teguh (Borneo FC Samarinda), Frengky Missa (Persikabo 1973), Dzaky Asraf (PSM Makassar)

Gelandang: Beckham Putra Nugraha (Persib Bandung), Robi Darwis (Persib Bandung), Rifky Dwi (Persita Tangerang), Esal Sahrul (Persita Tangerang), Arkhan Fikri (Arema FC), Jeam Kelly Sroyer (Persik Kediri), Salim Tuharea (Madura United)

Penyerang: Irfan Jauhari (Persis Solo), Ramadhan Sananta (Persis Solo), Abdul Rahman (RANS Nusantara FC), Muhammad Ragil (Bhayangkara FC), Titan Agung (Bhayangkara FC)

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer