Sukses


Komang Teguh Dipanggil ke Timnas Indonesia U-23 saat Disanksi AFC, Begini Penjelasan Sumardji

Bola.com, Jakarta - Pemanggilan Komang Teguh ke Timnas Indonesia U-23 untuk Piala AFF U-23 2023 menimbulkan pertanyaan. Pasalnya, sang pemain masih berstatus disanksi AFC, setelah terlibat perkelahian di final SEA Games 2023.

Komang Teguh masuk daftar 23 pemain yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023. Padahal, pada Juni 2023 AFC memberikan sanksi berat untuk Komang Teguh.

Sang pemain dianggap melanggar Kode Disiplin dan Etik AFC Pasal 47 sehingga mendapatkan sanksi larangan bermain sebanyak enam laga. Selain itu, Komang Teguh juga mendapatkan denda senilai 1000 dolar AS.

Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, menjelaskan status Komang Teguh yang dipanggil Timnas Indonesia U-23 saat sedang menjalani sanksi AFC. Menurut Sumardji, sanksi larangan yang dimaksud AFC adalah pertandingan persahabatan atau uji coba.

"Perlu saya jelaskan terkait dengan Komang, dia ini setelah kami baca sanksi AFC, dia hanya dilarang tidak boleh bermain pada saat friendly match," kata Sumardji.

2 dari 4 halaman

Juga Titan Agung

Serupa dengan Komang Teguh, pelatih Shin Tae-yong juga memanggil Titan Agung ke Timnas Indonesia U-23 untuk Piala AFF U-23 2023. Titang Agung dipanggil untuk menggantikan Muhammad Fajar Fathur Rahman.

Titan Agung juga pemain yang mendapatkan sanksi dari AFC. Pemain Bhayangkara FC itu mendapatkan sanksi sama dengan Komang Teguh yakni larangan tampil enam pertandingan dan denda 1000 Dolar AS.

Dengan demikian, sanksi larangan bermain yang diterima Titan Agung juga serupa. Sang pemain hanya dilarang membela Timnas Indonesia pada laga uji coba dan persahabatan.

3 dari 4 halaman

Latihan Singkat

Timnas Indonesia U-23 cuma bisa menjalankan persiapan super singkat untuk Piala AFF U-23 2023. Timnas Indonesia U-23 sudah menggelar pemusatan latihan pada Kamis (10/8/2023) di Jakarta.

Piala AFF U-23 2023 bakal digelar pada 17-26 Agustus 2023. Sementara itu, Timnas Indonesia U-23 akan mulai bermain pada sehari berselang.

Artinya, tim berjulukan Garuda Muda itu hanya mempunyai waktu sekitar sepekan untuk mematangkan diri buat Piala AFF U-23 2023.

4 dari 4 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023

Kiper: Ernando Ari Sutaryadi (Persebaya Surabaya), Muhamamd Adi Satryo (PSIS Semarang), Daffa Fasya (Borneo FC Samarinda)

Bek: Rizky Ridho (Persija Jakarta), Muhammad Ferarri (Persija Jakarta), Alfeandra Dewangga (PSIS Semarang), Bagas Kaffa (Barito Putera), Komang Teguh (Borneo FC Samarinda), Frengky Missa (Persikabo 1973), Dzaky Asraf (PSM Makassar)

Gelandang: Beckham Putra Nugraha (Persib Bandung), Robi Darwis (Persib Bandung), Rifky Dwi (Persita Tangerang), Esal Sahrul (Persita Tangerang), Arkhan Fikri (Arema FC), Titan Agung (Bhayangkara FC), Jeam Kelly Sroyer (Persik Kediri), Salim Tuharea (Madura United)

Penyerang: Irfan Jauhari (Persis Solo), Ramadhan Sananta (Persis Solo), Abdul Rahman (RANS Nusantara FC), Muhammad Ragil (Bhayangkara FC)

Video Populer

Foto Populer