Sukses


Membedah Kekuatan Timor Leste U-23, Lawan Pertama Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023: Tanpa Gali Freitas!

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Timor Leste pada partai perdana Piala AFF U-23 2023.

Piala AFF U-23 2023 akan berlangsung di Thailand, dari 17 sampai 26 Agustus mendatang. Tim Garuda Muda tergabung di Grup B bersama Malaysia U-23 dan Timor Leste U-23.

Di atas kertas, lawan terberat Timnas Indonesia U-23 di Grup B Piala AFF U-23 2023 hanya Malaysia U-23. Adapun Timor Leste, Tim Garuda Muda tak pernah kesulitan memetik kemenangan.

Apalagi secara statistik, lima pertemuan melawan Timor Leste, Timnas Indonesia U-23 berhasil memetik empat kemenangan dan sekali imbang.

Lantas, seperti apa kekuatan Timor Leste U-23 yang akan berlaga di Piala AFF U-23 2023? Berikut ini ulasannya.

2 dari 4 halaman

Tanpa Gali Freitas

Sayang beribu sayang, Timor Leste U-23 tidak bisa diperkuat oleh Gali Freitas. Winger andalan PSIS Semarang itu memang tak dipanggil dengan pertimbangan tertentu.

Kabarnya, Federasi Sepak Bola Timor Leste tidak memanggil pemain yang menjadi pemain andalan di klub. Sebab, Piala AFF U-23 bukan kompetisi di bawah naungan FIFA.

Petinggi PSIS Semarang, AS Sukawijaya alias Yoyok Sukawi membenarkan hal tersebut. "Federasi sepak bola Timor Leste tidak memanggil pemain yang bermain aktif di klubnya."

Hal ini tentu saja membuat kekuatan Timor Leste berkurang. Namun sisi positifnya, tim lawan jadi tidak bisa menerka apa yang jadi kelebihan mereka.

 

3 dari 4 halaman

Beda dengan Level Senior

Timor Leste seringkali jadi 'anak bawang' karena tidak dianggap sebagai lawan kuat. Tetapi berbicara kategori usia, penampilan mereka sebetulnya harus diperhitungkan.

Pada edisi 2022, Timor Lester U-23 mampu menembus semifinal, bahkan meraih peringkat tiga. Ini jelas jadi sesuatu yang tidak bisa dianggap sebelah mata.

Keberadaan Park Soon-tae di kursi kepelatihan juga wajib diapresiasi. Secara garis besar, ia memang ditugaskan untuk membangun sepak bola Timor Leste dari level junior.

Tim-tim kuat seperti Filipina U-23 pernah mereka libas 3-0, tepatnya pada SEA Games 2021. Bahkan pelatih Malaysia U-23 secara spesifik memuji kekuatan Timor Leste U-23.

 

4 dari 4 halaman

Skuad Timor Leste U-23

  • Kiper: Junildo, Georgino Mendoca
  • Bek: Filomeno Junior,Gumario, Jaimito Soares, Joao Halle, Nelson Viegas, Orcelio, Tomas Sarmento, Yohanes Gusmao
  • Tengah: Armindo de Almeida, Cristevao, Dom Lucas Braz, Elias Mesquita, Jhon Firth, Natalino da Costa
  • Penyerang: Alexandro Kefi, Anizo Correira, Mouzinho, Zenivio

Video Populer

Foto Populer