Sukses


Nasib Eks Timnas Indonesia U-19 yang Juara Piala AFF U-19 2013 di BRI Liga 1 2023 / 2024: Penurunan Luar Biasa Evan Dimas

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 sempat membuat heboh pada 2013. Saat itu, skuad yang ditukangi Indra Sjafri menjadi juara Piala AFF U-19 yang berlangsung di Jawa Timur.

Saat itu Timnas Indonesia U-19 mengalahkan Vietnam di babak final lewat babak adu tendangan penalti. Keberhasilan Garuda Nusantara menjadi juara saat itu menghadirkan euforia yang luar biasa.

Banyak harapan yang muncul untuk para pemain Timnas Indonesia U-19 saat itu. Namun, sayangnya, saat ini tak banyak yang tersisa dari mereka.

Menurut catatan dari Bola.com, hanya ada tujuh pemain eks Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2013 yang masih bermain di BRI Liga 1 2023/2024. Padahal saat itu skuad Indra Safri berisikan 20 pemain.

Bahkan, ada banyak pemain yang saat ini sudah tak terdengar kiprahnya. Sebut saja seperti Muchlis Hadi Ning Syaifullah, Maldini Pali, Hendra Sandi, Febly Gushendra dan banyak lagi nama yang lain.

2 dari 7 halaman

Penurunan Luar Biasa Evan Dimas

Evan Dimas adalah pemain penting di skuad Timnas Indonesia U-19 saat itu. Evan dinilai punya bakat yang luar biasa.

Sosok asal Jawa Timur itu juga cukup konsisten dan bisa menjadi andalan di level senior Timnas Indonesia. Namun, belakangan peforma Evan Dimas menurun drastis.

Jangangkan untuk kembali ke Timnas Indonesia, Evan bahkan sulit mendapatkan posisi reguler di Arema FC pada BRI Liga 1 2023/2024. Pemain satu ini masih sulit kembali ke performa terbaik usai cedera.

3 dari 7 halaman

Paulo Sitanggang Moncer Lagi

Paulo Sitanggang sempat mengalami penurunan performa. Namun, di BRI Liga 1 2023/2024, Paulo kembali moncer lagi.

Gelandang kelahiran, Deli Serdang, Sumatera utara itu menjadi andalan di lini tengah RANS Nusantara. Tak hanya itu, Paulo bahkan menjadi kapten.

Performa RANS juga luar biasa di BRI Liga 1 2023/2024. Mereka menempati posisi kedua klasemen sementara.

4 dari 7 halaman

Hanya Dimas Drajad

Ada 20 pemain yang menjadi bagian dari skuad juara Piala AFF U-19 2023. Namun, saat ini tak banyak pemain yang masih menjadi bagian dari Timnas Indonesia senior.

Hanya Dimas Drajad yang masih konsisten mendapatkan panggilan ke skuad asuhan Shin Tae-yong. Dimas juga cukup apik di Timnas Indonesia.

Sejauh ini, penyerang berusia 26 tahun itu mampu mencetak tiga gol dari sembilan pertandingan resmi.

5 dari 7 halaman

7 Pemain Eks Timnas Indonesia U-19 di BRI Liga 1 2023/2024

  • I Putu Gede Juni Antara (Persib)
  • Hansamu Yama (Persija)
  • Fatchu Rochman (Bhayangkara FC)
  • Muhammad Hargianto (Bhayangkara FC )
  • Evan Dimas (Arema FC)
  • Paulo Sitanggang (RANS)
  • Dimas Drajad (Persikabo 1973)
6 dari 7 halaman

Skuad Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2013

Kiper: Ravi Murdianto dan Rully Desrian

Belakang: Putu Gede Juni Antara, Hansamu Yama Pranata, M Sahrul Kurniawan, Febly Gushendra, M. Fatchu Rochman, Dimas Sumantri, Mahdi Fahri Albaar

Tengah: Muhammad Hargianto, Zulfiandi, Hendra Sandi Gunawan, Alqomar Tehupelasury, Evan Dimas Darmono, Paulo Oktavianus Sitanggang

Depan: Ilham Udin Armaiyn, Maldini Pali, M. Dimas Drajad, Muchlis Hadi Ning Syaifulloh, Dinan Yahdian Javier

7 dari 7 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2023/2024

Video Populer

Foto Populer