Sukses


BRI Liga 1: Pertahanan RANS Nusantara FC Solid Musim Ini, Apa Rahasianya?

Bola.com, Sleman - Bek RANS Nusantara FC, Angelo Meneses, membeberkan rahasia solidnya lini pertahanan The Prestige Phoenix di BRI Liga 1 2023/2024. RANS Nusantara FC memang sejauh ini menjadi salah satu tim yang minim kebobolan.

Hingga pekan kedelapan BRI Liga 1, gawang RANS Nusantara FC baru tujuh kali kebobolan. Catatan ini sama seperti milik Persija Jakarta, PSIS Semarang, dan Persita Tangerang.

Sementara untuk produktivitas, RANS Nusantara FC sejauh ini sudah mencetak 11 gol.

Bek asal Portugal itu mengungkapkan ada sejumlah hal yang membuat RANS Nusantara FC solid dalam bertahan dan sulit untuk ditembus lawan. Salah satunya karena organisasi permainan tim yang begitu bagus dalam setiap pertandingan.

"Menurut saya, RANS Nusantara FC adalah tim dengan pertahanan yang sangat bagus karena kami punya organisasi yang baik di lapangan," ujar Angelo Meneses.

"Namun, kemampuan kami bukan hanya dari lini pertahanan saja. Kami bertahan mulai dari penghuni lini depan hingga gawang."

"Seluruh anggota tim sangat berkomitmen terhadap pertahanan. Itu yang menyulitkan terjadinya gol," sambung bek RANS Nusantara FC itu.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Rekor Buruk Musim Lalu

 

Catatan tersebut berbanding terbalik dengan musim lalu. Pada BRI Liga 1 2022/2023, tim milik Raffi Ahmad itu menjadi lumbung gol dengan jumlah kebobolan 80 kali, sekaligus menjadikan mereka sebagai tim dengan jumlah kebobolan paling banyak di BRI Liga 1 2022/2023.

Sepanjang musim, RANS Nusantara FC menelan 21 kekalahan, 10 hasil imbang, dan cuma meraih tiga kemenangan. Tim yang kala itu dibesut Rodrigo Santana itu hanya mampu membukukan 19 poin dari 34 laga.

Seandainya kompetisi musim lalu berjalan normal, RANS Nusantara FC dipastikan terdegradasi pada musim pertamanya bermain di kasta teratas sepak bola Indonesia.

3 dari 5 halaman

Komitmen

Angelo Meneses didatangkan RANS Nusantara FC pada bursa transfer musim ini. BRI Liga 1 musim ini jadi debutnya berkarier di Indonesia. Sebelumnya, dia banyak menghabiskan karier profesionalnya di Liga Portugal.

Bisa dibilang, bek berusia 30 tahun itu menjadi salah satu pembelian terbaik tim yang musim ini bermarkas di Stadion Maguwoharjo, Sleman tersebut.

Pemain bernama lengkap Angelo Rafael Teixeira Alpoim Meneses itu selalu jadi andalan pelatih Eduardo Almeida untuk mengawal lini belakang RANS Nusantara. Angelo bermain sebanyak delapan kali dan mencetak sebiji gol plus dua assist.

Meski tampil apik, Angelo enggan besar kepala. Menurutnya kemenangan tim lebih penting ketimbang rekor pribadi.

"Saya selalu melakukan yang terbaik untuk tim. Tujuan utama saya adalah mempertahankan gawang sebaik mungkin karena saya seorang bek. Kalau memang saya bisa berkontribusi mencetak gol dan assist, itu akan lebih baik," katanya.

"Namun, bagi saya tujuan secara kolektif lebih penting daripada penghargaan-penghargaan individu. Sampai saat ini saya cukup puas dengan performa saya, dan saya akan terus bekerja membantu tim dalam setiap pertandingan," tambah mantan pemain Rio Ave dan Famalicao itu.

 

4 dari 5 halaman

Menjamu Dewa United

RANS Nusantara FC berjumpa Dewa United pada pekan kesembilan BRI Liga 1 2023/2024. Sesuai jadwal, pertandingan berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Kabupaten Sleman, Sabtu (19/8/2023) sore WIB.

Disinggung soal sang calon lawan, Angelo Meneses menilai Dewa United adalah tim yang bagus. Kendati skuad asuhan Jan Olde Riekerink itu sedang terpuruk karena belum pernah menang dalam empat laga, Angelo tidak ingin timnya terlena.

"Kami tahu pertandingan melawan Dewa United akan sangat berat karena mereka tim yang luar biasa. Namun, seperti yang pelatih sampaikan kepada kami, setiap tim yang kami hadapi sama," tuturnya.

"Setiap tim membuat pertandingan sangat sulit, sehingga persiapan untuk pertandingan ini pun sama dengan sebelumnya. Kami berlatih dengan konsentrasi maksimal dan fokus agar siap secara fisik maupun taktik untuk mendapatkan 3 poin," pungkas Angelo.

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer