Sukses


Piala AFF U-23 2023: Masih Disanksi AFC, Komang Teguh dan Titan Agung Dilarang Bela Timnas Indonesia U-23

Bola.com, Rayong - Kabar buruk datang untuk Timnas Indonesia U-23 jelang laga melawan Malaysia pada laga Grup B Piala AFF U-23 2023, Jumat (18/8/2023). Timnas U-23 kehilangan Titan Agung dan Komang Teguh yang dilarang bermain.

Kedua pemain itu tak diperkenankan membela Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023 oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Penyebabnya karena Titan dan Komang masih disanksi AFC.

Seperti diketahui, AFC menjatuhkan sanksi kepada Titan Agung dan Komang Teguh setelah terlibat perkelahian di final SEA Games 2023.

Keduanya melanggar Kode Disiplin dan Etik AFC Pasal 47, sehingga mendapatkan sanksi larangan bermain sebanyak enam laga dan denda senilai 1000 dolar AS.

Masalah ini sebenarnya sudah diwanti-wanti sejak pemanggilan keduanya ke pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23. Namun, PSSI ketika itu tetap memaksakan untuk memanggil Titan Agung dan Komang Teguh.

2 dari 4 halaman

Dikirimi Surat

PSSI kemudian mendapatkan surat dari AFC terkait status Titan Agung dan Komang Teguh. Kabarnya, surat tersebut diterima PSSI pada 14 Agustus 2023.

Surat dari AFC itu disebut berisi tentang peringatan terhadap status kedua pemain yang masih menjalani hukuman dari AFC. Namun, surat tersebut diterima ketika Timnas Indonesia U-23 sudah berada di Thailand.

"Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) telah mengirimkan surat kepada PSSI yang menginformasikan 2 pemain yakni Titan Agung dan Komang Teguh tidak dapat berlaga di Piala AFF U-23 2023 karena hukuman dari AFC masih berlaku di turnamen tersebut," bunyi pernyataan yang dikutip dari ASEAN Football.

3 dari 4 halaman

Kurang 2 Pemain

Dengan demikian, Timnas Indonesia U-23 dalam keadaan kurang dua pemain. Artinya, skuad untuk Piala AFF U-23 2023 kini berjumlah 21 pemain.

Titan Agung dan Komang Teguh kabarnya akan langsung dipulangkan ke Indonesia. Pelatih Shin Tae-yong pun disebut enggan mencarikan pemain pengganti dari dua nama tersebut.

Namun, belakangan pula tersiar kabar akan ada satu pemain yang menggenapkan Timnas Indonesia U-23 menjadi 22 pemain. Sosok tersebut adalah Marselino Ferdinan.

4 dari 4 halaman

Daftar Skuad Timnas Indonesia U-23

Kiper: Ernando Ari Sutaryadi (Persebaya Surabaya), Nuri Agus (FC Bekasi City), Daffa Fasya (Borneo FC Samarinda)

Bek: Kadek Arel (Bali United), Haykal Alhafiz (PSIS Semarang), Muhammad Ferarri (Persija Jakarta), Alfeandra Dewangga (PSIS Semarang), Bagas Kaffa (Barito Putera), Frengky Missa (Persikabo 1973)

Gelandang: Mohammad Kanu (Persis Solo), Beckham Putra Nugraha (Persib Bandung), Robi Darwis (Persib Bandung), Rifky Dwi (Persita Tangerang), Esal Sahrul (Persita Tangerang), Arkhan Fikri (Arema FC), Jeam Kelly Sroyer (Persik Kediri), Salim Tuharea (Madura United)

Penyerang: Irfan Jauhari (Persis Solo), Ramadhan Sananta (Persis Solo), Abdul Rahman (RANS Nusantara FC), Muhammad Ragil (Bhayangkara FC)

Video Populer

Foto Populer