Sukses


BRI Liga 1: Sempat Dilupakan, Andre Oktaviansyah Kini Punya Peran Vital di Persebaya

Bola.com, Surabaya - Gelandang muda Persebaya Surabaya, Andre Oktaviansyah, tampil impresif dalam tiga laga terakhir di BRI Liga 1 2023/2024. Dia selalu tampil sejak menit pertama dalam mengisi lini tengah.

Andre tercatat telah membukukan satu assist dalam total empat penampilan musim ini. Sebagai gelandang bertahan, dia mampu menghalau upaya serangan lawan hingga Persebaya memenangi tiga laga terakhir secara beruntun.

Masing-masing terjadi Persebaya menang 2-1 di markas Bhayangkara FC. Lalu, dua laga lainnya berakhir dengan skor identik 1-0 saat menjamu Persita Tangerang dan PSM Makassar. Dua catatan clean sheet itu tak lepas dari peran Andre.

Pelatih interim Persebaya, Uston Nawawi, memberikan apresiasi khusus bagi pemain jebolan Garuda Select itu. Mobilitasnya di lini tengah dalam membantu penyerangan dan bertahan sangat bagus.

“Memang Andre mainnya cukup bagus. Semoga dia menjaga performanya agar bisa memberikan kontribusi maksimal untuk tim,” kata Uston.

2 dari 4 halaman

Impresif

Sejak awal musim, pos gelandang bertahan Persebaya sempat dihuni oleh Ripal Wahyudi. Dia bahkan mengalahkan Muhammad Hidayat. Begitu Andre bermain secara reguler, Persebaya belum kehilangan poin alias selalu menang.

Pemain yang akrab disapa Cobra itu bersyukur bisa menjadi starter dan mendapatkan menit bermain yang banyak. Dia menegaskan tidak akan menyia-nyiakan kesempatan emas tersebut. 

“Alhamdulillah bisa bermain dengan mencatatkan satu assist, tentunya sangat senang. Tetapi perjalanan masih panjang. Seperti kata coach Uston, harus tetap berbenah,” ujarnya.

3 dari 4 halaman

Timnas Indonesia U-16

Nama Andre pertama muncul ke permukaan dengan menjadi bagian integral Timnas Indonesia U-16 arahan Fakhri Husaini. Saat itu, dia mampu menjuarai Piala AFF U-16 2018 yang digelar di Sidoarjo.

Andre Oktaviansyah sediri pernah digadang-gadang bakal menjadi gelandang terbaik di Indonesia. Setelah turnamen Piala AFF U-16 2018, dia lantas mengikuti Program Garuda Select di Inggris.

4 dari 4 halaman

Cedera Lutut

Sayangnya, Andre mengalami cedera lutut dan harus naik meja operasi. Awal tahun 2020, ia dipanggil lagi ke Inggris untuk menjalani pemulihan pasca cedera.

Andre Oktaviansyah baru mengawali karier profesional di Liga 1 2021/2022 bersama Persikabo 1973. Tampil dalam 25 laga, dia banyak mengawali pertandingan dari bangku cadangan dan membukukan dua assist.

Dia lantas memutuskan bergabung dengan Persebaya sejak musim lalu. Di usianya yang masih 20 tahun, Andre kini sudah membukukan 42 penampilan di Liga 1 bersama sejak 2021 bersama dua klub yang berbeda.

 

Video Populer

Foto Populer