Sukses


Timnas Indonesia U-23 Vs Timnas Thailand U-23 di Semifinal Piala AFF U-23 2023, Pengamat: Jangan Bergantung pada Ramadhan Sananta!

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 menghadapi Timnas Thailand U-23 dalam semifinal Piala AFF U-23 2023. Duel kedua tim bakal tersaji di Rayong Provincial Stadium, Thailand, Kamis (24/8/2023) malam WIB.

Tim berjulukan Garuda Muda itu lolos ke semifinal dengan predikat sebagai runner-up grup terbaik. Indonesia yang mengemas tiga poin unggul atas Kamboja dan Filipina yang meraup satu angka.

Adapun Thailand berstatus sebagai juara Grup A Piala AFF U-23 2023. Sementara pada semifinal lainnya mempertemukan Timnas Malaysia U-23 melawan Timnas Vietnam U-23.

Indonesia tidak melewati perjalanan yang mulus pada Piala AFF U-23 tahun ini. Pada fase grup mereka cuma meraih sekali kemenangan dan kekalahan dari dua laga. Kandas atas Malaysia 1-2 dan menang tipis 1-0 dari Timor Leste.

Sebaliknya, Thailand sukses menyapu bersih kemenangan babak penyisihan grup. Mereka menggilas Myanmar 3-0, lalu mencukur Brunei Darussalam 3-0, kemudian menghajar Kamboja 2-0.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tuan Rumah Lebih Solid

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong menyadari timnya akan dihadapkan dengan laga berat. Arsitek asal Korea Selatan itu mengakui Timnas Thailand U-23 memiliki skuad yang solid.

"Saya sudah menonton pertandingan Thailand U-23. Saya juga tahu Timnas Malaysia U-23 saat kami melawan mereka," ujar Shin Tae-yong.

"Thailand U-23 membawa skuad terbaik ketimbang tim lain. Kami akan mencoba yang terbaik dalam pertandingan melawan Thailand U-23," lanjutnya.

"Sedangkan kami tidak bisa membawa hampir 75 persen dari kapasitas kekuatan kami. Inilah yang sedang terjadi. Klub tidak mengirimkan pemain ke Timnas Indonesia U-23," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Tetap Yakin

Hal senada disampaikan pelatih sekaligus pengamat sepak bola nasional, Erwan Hendarwanto. Mantan juru taktik PSIM Yogyakarta itu menyebut, duel kontra Thailand tidak akan berjalan mudah buat Tim Merah-Putih.

Meski begitu, Erwan meyakini Indonesia mampu melewati adangan Thailand. Dia percaya jajaran tim pelatih Timnas Indonesia U-23 sudah menyiapkan strategi jitu untuk meredam perlawanan tuan rumah.

"Pastinya Shin Tae-yong dan tim pelatih paham betul apa yang harus dilakukan untuk menghadapi Thailand. Sebuah pekerjaan yang tidak ringan mengingat status tuan rumah," ujar Erwan kepada Bola.com, Rabu (23/8/2023) malam.

"Dan tentu saja dukungan suporter mereka akan memberikan sedikit tekanan untuk Timnas kita. Asalkan semua pemain bisa fokus, konsentrasi setiap menitnya dan mentalitas yang kuat, saya yakin Timnas Indonesia U-23 akan menang," tegas Erwan.

 

4 dari 4 halaman

Jangan Bergantung Satu Pemain

Erwan Hendarwanto berharap semua pemain dapat menampilkan penampilan terbaik kala bersua Thailand. Pelatih asal Magelang, Jawa Tengah itu mengingatkan supaya Indonesia tidak hanya bergantung pada sosok Ramadhan Sananta.

Seperti diketahui, penyerang Persis Solo itu menjadi tulang punggung Timnas Indonesia U-23 pada turnamen ini. Sananta merupakan satu-satunya pencetak gol Indonesia sepanjang fase grup.

"Dua match dua gol lewat Ramadhan Sananta, harus ada opsi pemain lain yang bisa menjadi sumber gol manakala Sananta dimatikan oleh pemain bertahan lawan," kata Erwan.

"Jadi saya berharap pemain seperti Irfan Jauhari atau Abdul Rahman bisa menunjukkan kapasitasnya saat melawan Thailand. Karena akan semakin bagus buat Timnas kita kalau ada banyak pemain yang bisa mencetak gol. Apalagi, seandainya Indonesia bisa lolos ke final," pungkasnya.

Video Populer

Foto Populer