Sukses


5 Fakta Menarik Setelah Timnas Indonesia U-23 Mengalahkan Thailand pada Semifinal Piala AFF U-23 2023

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 berhasil melaju ke final Piala AFF U-23 2023 setelah mengalahkan Thailand. Bertanding di Rayong Provincial Stadium pada Kamis (24/8/2023) malam WIB, Garuda Muda menang 3-1.

Timnas Indonesia U-23 mencetak gol cepat menit 10' melalui lesakkan keras Jeam Kelly Sroyer. Anak asuh Shin Tae-yong menggandakan keunggulan lewat tandukkan Muhammad Ferarri memanfaatkan umpan lemparan ke dalam dari Robi Darwis.

Thailand memperkecil kekalahan, juga lewat sundulan, melalui kepala Chudit Wanpraphao menit 27'. Tetapi Timnas Indonesia U-23 kembali menjauh menjadi 3-1 setelah gol bunuh diri Natcha Promsomboon mengecoh kiper.

Kemenangan ini membuat Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Vietnam pada laga final, yang pada pertandingan semifinal Piala AFF U-23 2023 lainnya menang telak 4-1.

Nah, Bola.com telah merangkum lima fakta menarik yang tersaji pada pertandingan semifinal Piala AFF U-23 2023 antara Thailand versus Timnas Indonesia U-23. Yuk scroll ke bawah!

2 dari 6 halaman

Gol Cepat

Timnas Indonesia U-23 langsung tampil dengan ritme cepat sejak awal pertandingan. Alhasil, gol pertama tercipta lewat lesakkan terukur Jeam Kelly Sroyer.

Garuda Muda kembali menambah gol menit 23', kali ini lewat kolaborasi ciamik Robi Darwis dan Muhammad Ferarri.

3 dari 6 halaman

Gawang Thailand Sudah Tidak Perawan

Sebelum melaju ke semifinal Piala AFF U-23 2023, gawang Thailand nirbobol alias perawan sepanjang fase grup. Namun ketika berhadapan dengan Timnas Indonesia U-23, catatan impresif itu tuntas.

Tidak cuma sekali, Thailand bahwa kebobolan hingga tiga gol. Adapun satu gol lainnya tercipta lewat gol bunuh diri.

4 dari 6 halaman

Selebrasi Unik Sroyer

Memanfaatkan umpan terobosan dari lini tengah, Jeam Kelly Sroyer mampu mengecoh penjaga gawang Thailand lewat eksekusi terarahnya.

Jeam Kelly Sroyer kemudian berlari ke sudut lapangan untuk melakukan selebrasi. Menariknya, ia mencopot deker atau pelindung tulang kering saat selebrasi.

Sepintas terlihat ada dua sosok yang diduga adalah orang tuanya. Rekan-rekannya di Timnas Indonesia U-23 kemudian berlari menuju ke arahnya dan melakukan perayaan gol bersama-sama.

5 dari 6 halaman

Kemenangan Pertama Shin Tae-yong atas Thailand

Seluruh elemen Timnas Indonesia U-23 patut bersyukur, termasuk pelatih Shin Tae-yong. Sebab, ini adalah kali pertama pria asal Korea Selatan itu mampu mengalahkan Thailand sebagai juru latih.

Dari enam pertemuan sebelumnya, Shin Tae-yong tak pernah menang atas Thailand dengan catatan dua imbang dan empat kalah.

6 dari 6 halaman

Kemenangan Kedua Beruntun atas Thailand

Di sisi lain, kemenangan 3-1 ini menggenapkan catatan apik Timnas Indonesia atas Thailand. Dua kali sudah Merah Putih memenangi pertandingan atas Thailand.

Sebelumnya, Timnas Indonesia U-22 berhasil mengalahkan Thailand pada final SEA Games 2023. Saat itu, Garuda Muda dilatih oleh Indra Sjafri.

Meski hanya berstatus kategori usia, tentunya rekor ini patut dirayakan dan disyukuri oleh segenap pencinta sepak bola Indonesia.

Video Populer

Foto Populer