Sukses


Tiba-Tiba Main di Semifinal Piala AFF U-23 2023, Bek Persib Kaget dan Bersyukur Bisa Bantu Timnas Indonesia Kalahkan Thailand

Bola.com, Bandung - Rasa kaget dan senang dirasakan oleh bek muda Persib Bandung, Robi Darwis, pada laga Timnas Indonesia U-23 kontra Thailand di semifinal Piala AFF U-23 2023, Kamis (24/8/2023). Robi Darwis tiba-tiba diturunkan untuk tampil dalam laga itu.

Padahal pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong mempersiapkan Bagas Kaffa sebagai bek sayap kanan untuk menghadapi Thailand di Rayong Province Stadium. Apalagi Bagas Kaffa sudah melakukan pemanasan jelang pertandingan.

Namun, ketika pertandingan akan dimulai, Bagas Kaffa mengalami cedera hingga pelatih Shin Tae-yong memilih Robi Darwis untuk menggantikannya.

"Ketika itu kaget, karena saya melakukan pemanasan terpisah dari tim inti. Pemain cadangan pemanasannya dipisah, tapi selang beberapa menit akhir sebelum selesai pemanasan, saya dipanggil," ungkap Robi Darwis saat dihubungi.

"Saya juga kaget. Saat saya melihat Bagas, dia memang mengalami cedera di engkel, ada sedikit insiden saat pemanasan. Mau tidak mau saya harus siap!" tegas bek Persib Bandung itu.

 

2 dari 4 halaman

Bersyukur Bisa Berikan Kontribusi

Cedera yang dialami Bagas Kaffa membuat Robi langsung melakukan pemanasan dengan pemain inti lain yang memang sudah disiapkan oleh Shin Tae-yong untuk menghadapi Thailand.

Robi Darwis pun mengaku sangat senang karena bisa mendapatkan kesempatan bermain, membantu Timnas Indonesia U-23 lolos ke final Piala AFF U-23 2023, dan bermain di hadapan suporter tim lawan.

"Tentu saya bersyukur bisa bermain dan bisa berkontribusi untuk tim, hingga membawa Timnas Indonesia ke final Piala AFF. Itu luar biasa!" ujar Robi.

"Saya pribadi tidak memikirkan banyak suporter Thailand di sana, karena memang sudha terbiasa dengan atmosfer dalam pertandingan di Indonesia jika sedang menjalani laga tandang," lanjutnya.

Robib Darwis mengakui setiap kali bertanding, tak terkecuali dengan Timnas Indonesia, ia hanya berpikir bagaimana cara bermain sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pelatih.

"Jadi saya hanya menjalankan tugas, Alhamdulilah saya bisa menjalankan tugas itu dengan baik dan alhamdulillah hasilnya juga baik," lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Berharap Bisa Kalahkan Vietnam

Robi Darwis berharap dalam laga final Piala AFF U-23 2023 menghadapi Vietnam, yang rencananya akan digelar di Rayong Province Stadium, Sabtu (26/8/2023) malam, Tim Garuda Muda bisa meraih kemenangan.

"Tentunya final melawan Vietnam, kami harus lebih siap. Itu harga mati, bukan soal kualitas lagi, tapi kami datang ke final bukan lawan tim lemah, karena yang ke final pasti tim bagus," ujar Robi.

Timnas Indonesia U-23, diakui Robi Darwis, memiliki motivasi yang sangat tinggi menatap laga final Piala AFF U-23 2023.

"Kami berusaha semaksimal mungkin untuk Indonesia, apalagi ajang ini digelar masih pada Agustus, jadi momen memberi kado terbaik untuk hari kemerdekaan Indonesia. Itu jadi motivasi kami juga," ucap Robi sambil mengakhiri.

 

4 dari 4 halaman

Kontribusi Robi Darwis

Peran Robi Darwis bersama Timnas Indonesia U-23 saat menang 3-1 atas Thailand memang cukup memukau. Aksi lemparan ke dalam yang dilakukannya kerap membahayakan gawang Thailand.

Bahkan dari tiga gol yang bersarang ke gawang Thailand, satu di antaranya merupakan assist lemparan ke dalam yang dilakukan Robi Darwis dan mampu diselesaikan dengan sempurna oleh Muhammad Ferarri.

Bukan tidak mungkin pemain asal Cianjur, Jawa Barat ini kembali mendapat kepercayaan Shin Tae-young dalam laga final Piala AFF U-23 2023 lawan Vietnam, Sabtu (26/8/2023) nanti.

Video Populer

Foto Populer