Sukses


3 Fakta Jelang Timnas Indonesia U-23 Vs Vietnam pada Final Piala AFF U-23 2023

Bola.com, Jakarta - Vietnam dan Timnas Indonesia U-23 akan bertarung pada final Piala AFF U-23 2023. Siapapun pemenangnya, maka akan mencetak sejarah sebagai negara paling sering meraih trofi ini.

Laga final ini akan digelar pada Sabtu (26/8/2023) mulai pukul 20.00 WIB. Pertandingan berlangsung di Rayong Provincial Stadium, Thailand.

Timnas Indonesia U-23 melaju ke final dengan cukup membanggakan. Ramadhan Sananta dan kawan-kawan mengalahkan sang tuan rumah, Thailand dengan skor 3-1.

Di sisi lain, Vietnam tak kalah meyakinkan. Skuad asuhan Hoang Anh Tuan mampu mengalahkan Malaysia dengan skor telak 4-1.

Timnas Indonesia U-23 seharusnya bisa bermain tanpa beban pada laga ini. Dengan keterbatasan skuad dan persiapan seadanya, pencapaian bisa melaju ke final sudah cukup luar biasa.

Berikut ini Bola.com mengulas tiga fakta menarik yang mengiringi pertandingan final Piala AFF U-23 2023 antara Timnas Indonesia U-23 versus Vietnam.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Pertemuan Kedua di Fase Gugur

Timnas Indonesia U-23 pernah memiliki kenangan manis pada ajang Piala AFF U-23 menghadapi Vietnam. Meski baru kali pertama berjumpa di final, Merah Putih bisa berkaca pada pertemuan sebelumnya.

Pada edisi 2019, Timnas Indonesia U-23 berjumpa Vietnam di babak semifinal. Saat itu, tim besutan Indra Sjafri menang tipis 1-0 berkat gol Luthfi Kamal.

Laga nanti akan jadi pertemuan kedua di fase grup antara dua kesebelasan tersebut. Mampukah Timnas Indonesia U-23 keluar sebagai pemenang lagi?

3 dari 4 halaman

Sejarah Baru

Siapapun pemenang pada final ini, akan didaulat sebagai pencetak rekor baru. Ya, Timnas Indonesia U-23 dan Vietnam berpeluang keluar sebagai kontestan terbanyak peraih trofi Piala AFF U-23.

Timnas Indonesia U-23 dan Vietnam sama-sama sudah mengoleksi satu gelar juara. Thailand juga memiliki catatan serupa, tetapi jumlahnya tidak akan bertambah lagi karena sudah tersingkir.

Timnas Indonesia U-23 meraih juara pada 2019, sementara Vietnam pada 2022.

4 dari 4 halaman

Vietnam Turunkan Tim B

Timnas Indonesia U-23 bisa dikatakan tidak menurunkan para pemain terbaiknya pada Piala AFF U-23 2023. Sejumlah penggawa penting seperti Rizky Ridho hingga Witan Sulaeman seperti diketahui tidak masuk daftar susunan pemain.

Pun dengan Marselino Ferdinan yang tidak dilepas oleh KMSK Deinze. Dzaky Asraf bernasib sama di PSM Makassar, sementara pemain-pemain jebolan SEA Games 2023 seperti Komang Teguh hingga Taufany mendapatkan sanksi larangan bertanding dari AFC.

Menariknya, Vietnam pun juga turun dengan kekuatan Tim B yang diasuh oleh Hoang Anh Tuan. Sedangkan Tim A besutan Philippe Troussier difokuskan menyiapkan kekuatan pada Kualifikasi Piala Asia U23 2024.

Video Populer

Foto Populer