Sukses


Termasuk Piala AFF U-23 2023 Ini Daftar Lengkap Kegagalan Timnas Indonesia di Babak Final Berbagai Turnamen dalam 10 Tahun Terakhir

Bola.com, Jakarta - Perjuangan Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023 harus berakhir dengan cukup dramatis. Skuad Garuda Muda kalah dari Vietnam melalui babak adu tendangan penalti pada babak final.

Laga final itu digelar di Rayong Provincial Stadium, Thailand pada Sabtu (26/8/2023) malam WIB. Vietnam meraih kemenangan 6-5 pada pertandingan sengit itu.

Timnas Indonesia U-23 menghadapi laga final itu dengan kondisi yang ala kadarnya. Shin Tae-yong hanya bisa mendaftarkan 18 pemain untul laga final tersebut.

Artinya, hanya tujuh pemain cadangan yang dimiliki Shin Tae-yong. Dengan catatan, dua di antaranya bermain sebagai penjaga gawang. Sebab, tiga pemain lain seperti Bagas Kaffa, Irfan Jauhari, dan Muhammad Kanu Helmiawan mengalami cedera dan harus absen pada laga final tersebut.

Selain final Piala AFF U-23 2023, Bola.com memiliki catatan tiga kekalahan lain di babak final yang dialami Timnas Indonesia di berbagai turnamen kelompok umur.

2 dari 4 halaman

Final SEA Games 2013

Timnas Indonesia U-23 menyandang status underdog pada final SEA Games 2013. Saat itu Skuad Garuda Muda harus menghadapi Thailand.

Tim asuhan Rahmad Darmawan sebenarnya sempat memberikan perlawanan ketat. Namun, Timnas Indonesia U-23 harus kalah dengan skor 0-1 dari Thailand.

Timnas Indonesia U-23 yang diperkuat oleh Kurnia Meiga, Alfin Tuassalamony, Feri Pahabol, Bayu Garta, dan kawan-kawan harus puas dengan medali perak dari SEA Games 2013 yang digelar di Myanmar.

3 dari 4 halaman

Final SEA Games 2019

Timnas Indonesia U-23 menghadapi final SEA Games 2019 dengan percaya diri. Saat itu tim asuhan Indra Sjafri cukup yakin bisa mengalahkan Vietnam.

Namun, pada akhirnya Garuda Muda harus kalah 0-3 dari Vietnam yang saat itu sudah ditukangi oleh pelatih legendaris asal Korea Selatan, Park Hang-seo.

Saat itu Evan Dimas yang menjadi gelandang andalan Timnas Indonesia U-23 harus mengalami cedera parah pada awal laga karena mendapatkan tekel kasar dari Doan Van Hau.

4 dari 4 halaman

Final Piala AFF 2020

Piala AFF 2020 adalah turnamen pertama Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia. Saat itu Shin membawa generasi baru di skuad Garuda.

Penampilan Asnawi Mangkualam dan kolega sangat sensasional sejak babak grup. Bahkan, mereka mengalahkan Malaysia dengan skor 4-1 pada fase tersebut.

Sayangnya, Timnas Indonesia harus kalah dari Thailand di babak final. Garuda kalah dengan agregat 2-6 dari Chanatip Songkrasin dan kawan-kawan dalam laga dua leg.

Video Populer

Foto Populer