Sukses


Enggan Kembali Berpolemik dengan Klub, PSSI Bakal Siapkan Tim B untuk Turnamen Non Kalender FIFA

Bola.com, Jakarta - Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, enggan berpolemik lagi dengan klub terkait pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia. Oleh sebab itu, pihaknya bakal menyiapkan tim B untuk turnamen non-kalender FIFA.

Sumardji sempat mencak-mencak kepada klub yang tidak melepas pemain ke Timnas Indonesia U-23 untuk Piala AFF U-23 2023 Thailand pada 17-26 Agustus 2023.

Padahal, sikap klub sudah benar. Apa pasal? Piala AFF U-23 2023 bukan agenda FIFA sehingga tim tidak wajib mengirimkan pemainnya ke Timnas Indonesia U-23.

Selain Sumardji, Ketua PSSI, Erick Thohir, juga geram dengan dua klub BRI Liga 1 2023/2024, Persija Jakarta dan PSM Makassar, yang menahan Rizky Ridho dan Dzaky Asraf ke Timnas Indonesia U-23.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Ungkapan Sumardji

"Sudahlah, itu masa lalu. Saya memohon kepada teman-teman, khususnya klub, sekiranya ke depan tidak terjadi hal demikian," ujar Sumardji.

"Kami ke depan akan mengevaluasi berkaitan dengan turnamen yang layak diikuti secara keseluruhan atau kejuaraan yang perlu dimainkan dengan tim lapis kedua."

"Sehingga, kami ada plan A dan plan B. Tidak seperti sebelumyna. Ini evaluasi kepada saya sebagai Ketua BTN," jelas pria yang juga COO Bhayangkara FC itu.

3 dari 4 halaman

Siapkan Tim A dan Tim B

"Pak Ketua PSSI juga menyampaikan kepada kami agar mempersiapkan tim A dan tim B ketika menghadapi turnamen kalender FIFA dan di luar kalender FIFA," tutur Sumardji.

Kejuaraan non-kalender FIFA umumnya turnamen regional seperti Piala AFF, mulai dari senior hingga kelompok umur, SEA Games, dan Asian Games.

4 dari 4 halaman

Panggil 51 Pemain

Terdekat, PSSI bakal memanggil total 51 pemain ke Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday dan ke timnas U-23 buat Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang digelar pada 6-12 September 2023 masuk dalam periode FIFA sehingga klub-klub harus melepas pemainnya ke Timnas Indonesia U-23.

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer