Sukses


Persaingan di Papan Atas BRI Liga 1 2023 / 2024: Kebiasaan Madura United dan Tantangan dari Duo Kalimatan

Bola.com, Jakarta - BRI Liga 1 2023/2024 sudah menyelesaikan laga pekan ke-11. Saat ini liga level tertinggi sepak bola Tanah Air itu berhenti sejenak.

Datangnya FIFA Matchday membuat BRI Liga 1 2023/2024 harus berhenti. Ajang itu akan kembali bergulir sekitar dua pekan ke depan.

Setelah 11 pekan, banyak hal yang terjadi di BRI Liga 1 2023/2024. Persaingan di posisi papan atas liga tersebut cukup menarik untuk disimak, terutama di posisi lima besar.

Madura United saat ini memimpin klasemen sementara. Fransisco Rivera dan kawan-kawan berhasil mengumpulkan 23 poin dari 11 pertandingan yang sudah dijalani.

Namun, Madura United tak bisa terlalu jemawa. Dalam sejarah Liga 1, Madura memang kerap tancap gas di awal kompetisi. Namun, sejauh ini mereka belum bisa mengakhiri musim di posisi teratas.

Misalnya yang terjadi di Liga 1 2017. Saat itu Madura United menjadi juara paruh musim. Sayangnya, di akhir musim justru Bhayangkara FC yang berhasil merebut gelar juara.

2 dari 6 halaman

Tantangan dari Duo Kalimantan

Borneo FC Samarinda tampil konsisten di Liga 1 dalam beberapa musim terakhir. Pesut Etam nyaman di posis ilima besar dalam beberapa musim terakhir Liga 1.

Di BRI Liga 1 2023/2024, Borneo FC Samarinda pun tampil cukup baik. Tim asuhan Pieter Huistra memiliki 19 poin dari 11 pertandingan dan duduk di posisi ketiga.

Pencapaian yang lebih menarik dimiliki oleh Barito Putera. Tim asal Banjaramasin, Kalimantan Selatan itu menempati posisi kedua klasemen sementara BRI Liga 1 2023/2024.

Tim yang ditukangi Rahmad Darmawan itu memiliki 20 poin sejauh ini. Barito Putera di musim ini sangat berbeda dengan apa yang mereka capai di musim lalu. Barito Putera harus berjuang keras untuk lolos dari zona degradasi.

3 dari 6 halaman

Kejutan dari RANS

RANS Nusantara FC menjadi juru kunci klasemen akhir BRI Liga 1 2022/2023. Namun, saat ini Prestige Phoenix memiliki musim yang berbeda.

Saat ini RANS Nusantara duduk nyaman di posisi empat klasemen sementara. Tim asuhan Eduardo Almeida memilikki 19 poin dari 11 laga.

Kepindahan RANS Nusantara dari Jabodetabek menuju Sleman tampaknya turut berpengaruh pada penampilan tim yang dimiliki Raffi Ahmad itu. RANS menjadi tim yang sulit dikalahkan saat berkaga di Stadion Maguwoharjo.

4 dari 6 halaman

PSIS Semarang Incar Konsistensi

Di posisi kelima BRI Liga 1 2023/2024 ada PSIS Semarang. Laskar Mahesa Jenar sempat mengalami start yang kurang baik.

Namun, belakangan PSIS Semarang mampu tampil cukup konsisten. Peran para pemain asing mereka sangat membantu penampilan apik PSIS itu.

Konsistensi menjadi kunci bagi PSIS Semarang jika mereka ingin lebih lama di posisi lima besar, atau untuk mengincar posisi yang lebih tinggi di BRI Liga 1 2023/2024.

5 dari 6 halaman

Jarak Tipis

Tim-tim di posisi lima besar BRI Liga 1 2023/2024 tak bisa terlalu tenang. Bahkan, bagi Madura United yang ssaat ini memimpin klasemen sementara.

Sebab, jarak Madura United dengan tim-tim di luar posisi lima besar sangat dekat. Jarak Madura dengan Persebaya Surabaya yang berada di posisi kelima bahkan hanya lima poin.

Bahkan, jika ditarik ke bawah lagi, jarak Madura United dengan Persija Jakarta yang menempati posisi ke-12 klasemen sementara hanya sembilan poin saja. Jarak yang sangat dekat tentu saja.

6 dari 6 halaman

Persaingan di Liga 1 2023/2024

Video Populer

Foto Populer