Sukses


Gelandang Persebaya Bela Timnas Singapura, Gol Debutnya Ternyata ke Gawang Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Gelandang Persebaya Surabaya, Song Ui-young, merasa antusias mendapat panggilan bergabung dengan Timnas Singapura. Dia disiapkan untuk tampil dalam FIFA Matchday.

Ada dua pertandingan yang akan dilakoninya, yakni melawan Tajikistan (8 September 2023) dan Chinese Taipei (12 September 2023). Dua pertandingan itu bakal digelar di Stadion Bishan, Singapura.

Menariknya, ada dua gelandang berpaspor Singapura di BRI Liga 1 2023/2024. Selain Song Ui-young, ada pula Jacob Mahler, gelandang Madura United. Keduanya juga sama-sama dipanggil membela Timnas Singapura.

“Kadang saya berkontak. Saya dekat dengan dia. Kami kerap berbincang. Saya di Surabaya, dia di tempat lain. Kami belum pernah bertemu di Surabaya. Saya bertemu di Singapura saja,” ujar Song Ui-young.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Andalan Persebaya

Song Ui-young kini telah menjadi gelandang andalan Persebaya. Dia telah tampil dalam sembilan pertandingan di Liga 1 serta menyumbang masing-masing satu gol dan dua assist.

Catatan yang hampir sama dibukukan oleh Jacob Mahler bersama Madura United. Dia juga mencetak satu gol dalam sembilan laga, bedanya Jacob Mahler belum memberi kontribusi assist.

Song Ui-young merupakan pemain asal Korea Selatan yang menghabiskan kariernya di Singapura. Dia pernah membela Home United hingga berganti nama menjadi Lion City Sailors pada medio 2011-2022.

3 dari 4 halaman

Naturalisasi

Berkat statusnya itu, dia lantas menjadi pemain naturalisasi yang mendapat paspor Singapura pada 2021. Dia pun tercatat telah membukukan tiga gol dalam 16 pertandingan bersama Timnas Singapura.

“Mendapat panggilan negara selalu menjadi sebuah kehormatan. Tentu saja saya siap melakukan yang terbaik untuk negara saya,” ungkap pemain berdarah Korea Selatan tersebut.

4 dari 4 halaman

Gol Debut ke Gawang Timnas Indonesia

Menariknya, gol pertama Song dicetak saat berjumpa Timnas Indonesia dalam semifinal Piala AFF 2020. Sayang, Timnas Singapura saat itu kalah 2-4 dalam laga yang berlangsung di Stadion Nasional, Kallang, 25 Desember 2021.

Pada awal 2023, dia sempat hijrah ke Thailand dengan berseragam Nongbua Pitchaya dan tampil dalam delapan pertandingan Thai League 1 sebelum akhirnya menjajal Liga 1 bersama Persebaya.

Video Populer

Foto Populer