Sukses


Laga Timnas Indonesia U-23 Vs Turkmenistan Dihadiri Presiden Jokowi: Pengamanan Stadion Manahan Diperketat

Bola.com, Solo - Pertandingan antara Timnas Indonesia U-23 melawan Turkmenistan U-23 pada lanjutan Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 mengalami pengetatan pengamanan. Sebab, laga ini akan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Suasana dan pemandangan yang tersaji di Stadion Manahan, Solo, Selasa (12/9/2023), menjelang pertandingan memang cukup berbeda. Sebab, ada lebih banyak personel pengamanan yang dikerahkan.

Setidaknya, ada 880 personal gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, hingga Damkar yang dikerahkan untuk mengamankan pertandingan yang akan dihadiri sekitar 18.600 penonton tersebut.

Di area stadion, petugas keamanan juga sudah menyebar di berbagai sudut. Bahkan, eberapa personel Petugas Pengamanan Presiden (Paspampres) juga tampak aktif berpatroli di sekeliling Stadion Manahan, Solo.

Rencananya, pertandingan penentuan nasib Timnas Indonesia U-23 melawan Turkmenistan untuk melaju ke putaran final Piala Asia U-23 2024 ini akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara, Iriana Jokowi.

2 dari 3 halaman

Pintu Masuk Diperketat

Standar Operasional Prosedur (SOP) pengamanan juga tak seperti biasanya. Panitia Penyelenggara (Panpel) melakukan pengetatan terhadap penonton di seluruh pintu masuk Stadion Manahan.

Pemeriksaan tak hanya menyasar kepada seluruh penonton yang menghadiri pertandingan ini. Sebab, awak media juga mendapatkan perlakuan yang sama ketika hendak memasuki area ring satu.

Setidaknya, ada tiga fase pemeriksaan yang terjadi. Yang pertama, Paspampres memeriksa barang bawaan. Lalu, dilakukan pengecekan tubuh sebelum memasuki metal detektor yang dipasang sebelum pintu masuk.

Ketatnya pemeriksaan ini memang membuat antrean penonton mengular. Sebab, pengecekan yang diperketat ini cukup menghambat sirkulasi penonton ke area ring satu stadion demi meningkatkan level keamanan.

3 dari 3 halaman

Stadion Tambah Ramai

Berbeda dengan pertandingan sebelumnya saat Timnas Indonesia U-23 menghadapi Chinese Taipei, arus kedatangan penonton pada laga kali ini baru mulai meningkat ketika hari menjelang sore.

Sebab, duel melawan Chinese Taipei U-23 digelar akhir pekan, tepatnya pada Sabtu (9/9/2023), sedangkan laga kontra Turkmenistan U-23 berlangsung pada hari biasa, yaitu Selasa (12/9/2023).

Dari pantauan Bola.com, penonton sudah mulai ramai setelah menginjak pukul 17.30 WIB. Padahal, pada match sebelumnya, penonton mulai membanjiri area stadion mulai pukul 16.00 WIB.

Video Populer

Foto Populer