Sukses


Duel Pelatih PSM Vs Barito Putera di BRI Liga 1: Adu Strategi Juru Taktik Asing dan Lokal

Bola.com, Jakarta - PSM Makassar akan menghadapi laga berat pada pekan ke-12 BRI Liga 1 2023/2024. Mereka bakal menjamu tim papan atas, Barito Putera di Stadion Gelora B. J. Habibie, Parepare, Jumat (15/9/2023) sore WIB.

Saat ini PSM Makassar berada di posisi ke-10 dengan torehan 15 poin. Sementara itu, Barito Putera menempati peringkat kedua dengan koleksi 20 angka.

Duel kedua tim diprediksi berlangsung sengit dan menarik. Berstatus tuan rumah, klub berjulukan Juku Eja itu tentu akan berusaha untuk meraih poin penuh. Apalagi, pada pekan terakhir, mereka cuma mampu mendulang satu poin setelah bermain imbang 1-1 kontra PSS Sleman.

Bagi Barito Putera, tambahan tiga poin dibutuhkan untuk menjaga posisi mereka di papan atas klasemen sementara Liga 1. Sekaligus untuk melanjutkan tren kemenangan Laskar Antasari selepas menang meyakinkan 2-0 atas Persis Solo di pekan ke-11.

Selain itu, pertandingan ini juga menjadi ajang adu strategi duo pelatih asing dan lokal. Yakni, Bernardo Tavares di kubu PSM Makassar, sedangkan Rahmad Darmawan di sisi Barito Putera.

2 dari 5 halaman

Tantangan

Bernardo Tavares kini menjalani tahun keduanya bersama Pasukan Ramang. Musim lalu, arsitek asal Portugal itu sukses membawa PSM Makassar menjadi juara BRI Liga 1 2022/2023 dengan membukukan 75 poin dari 34 pertandingan.

Sayang, musim ini laju Juku Eja tak semulus musim lalu. PSM Makassar tengah mengalami problem cukup pelik dan berimbas pada performa pemain yang menurun. Masalah itu tak lain dari tunggakan gaji pemain.

Oleh karena itu, tak heran kalau sampai pekan ke-11, Pasukan Ramang belum juga menemukan konsistensinya di pengtas liga. Sejauh ini mereka baru mencatat empat kemenangan, tiga hasil seri, dan empat kekalahan.

Menghadapi Barito Putera yang sedang on fire dan juga Rahmad Darmawan yang notabene pelatih senior berpengalaman, tentu jadi tantangan tersendiri buat Bernardo Tavares. Meski begitu, pelatih berlisensi UEFA Pro itu bisa saja membuat kejutan bersama PSM dalam laga nanti.

Bernardo Tavares dikenal sebagai pelatih yang cerdas dalam meracik strategi. Dia juga pintar melakukan kombinasi antara pemain muda dan senior menjadi salah satu kekuatan yang tangguh.

3 dari 5 halaman

RD Dihantui Rekor Buruk

Barito Putera di bawah asuhan Rahmad Darmawan menunjukkan peningkatan yang signifikan di Liga 1 musim ini. Mereka menjadi tim yang tangguh dan sulit ditaklukkan.

Adu taktik Bernado Tavares dengan Rahmad Darmawan kali ini bukan yang pertama kali. Namun, Tavares punya catatan menjanjikan ketika bertemu mantan pelatih Madura United tersebut. Musim lalu, saat masih menangani RANS Nusantara, Rahmad Darmawan selalu gagal menaklukkan PSM asuhan Tavares.

Selain itu, Rahmad Darmawan rupanya memiliki statistik buruk ketika menghadapi Juku Eja. Jauh sebelum membesut RANS Nusantara, Coach RD begitu ia akrab disapa, tidak pernah menang saat masih melatih sejumlah klub.

Sebut saja Sriwijaya FC, Mitra Kukar, Tira Persikabo, hingga Madura United. Dalam delapan pertemuan, Rahmad Darmawan cuma mampu meraih tiga hasil seri dan sisanya berakhir dengan kekalahan.

4 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan

Pekan ke-12 BRI Liga 1 2023/2024

Jumat, 15 September 2023

  • PSM Makassar Vs Barito Putera
  • Stadion: Gelora B. J. Habibie, Parepare, Sulawesi Selatan
  • Kick-off: 15:00 WIB
  • Live: Indosiar
  • Live Streaming: Vidio
5 dari 5 halaman

Yuk Intip Posisi Tim Kesayanganmu

Video Populer

Foto Populer