Sukses


BRI Liga 1: Akhirnya! Persebaya Bisa Menjamu Arema di Stadion GBT, Bonek Batal Demo

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya akhirnya bisa menjamu Arema FC di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. Duel pekan ke-13 BRI Liga 1 2023/2024 bakal digelar pada Sabtu (23/9/2023) sore.

Sebelumya, Persebaya terancam tak bisa menggunakan Stadion GBT untuk menggelar laga bertajuk Derbi Jatim itu. Pasalnya, sempat muncul surat dari Kementerian PUPR untuk mengosongkan stadion dalam persiapan Piala Dunia U-17 2023.

Pengosongan stadion disebut perlu dilakukan untuk melakukan renovasi. Manajemen Persebaya merasa itu alasan yang dibuat-buat. Sebab, Piala Dunia U-17 2023 masih akan dimulai pada 10 November 2023.

Situasi itu kemudian membuat suporter Persebaya, Bonek, bergerak turun ke jalan, Selasa (19/9/2023), menuntut duel itu tetap digelar di Surabaya. Apalagi, Bajul Ijo sebagai tim tuan rumah tidak sedang dalam sanksi larangan menggelar laga kandang di Kota Pahlawan.

Isi surat dari Kementerian PUPR juga dinilai kurang jelas, sebab tidak diberitahukan kapan pelaksanaan renovasi. Selain itu, mereka juga mempertanyakan alasan pengosongan per 15 September 2023.

Di sisi lain, Persis Solo masih bisa menjadi tuan rumah saat menghadapi PSIS Semarang, Sabtu (16/9/2023). Padahal, Persis menggunakan Stadion Manahan, Solo, yang juga jadi venue Piala Dunia U-17 2023.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Aspirasi Bonek

Selain Stadion GBT dan Manahan, ada pula Stadion Si Jalak Harupat (Bandung, dan Jakarta International Stadium (Jakarta), yang akan jadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Kementerian PUPR langsung merespons aspirasi Bonek dengan menghubungi PT Liga Indonesia Baru sebagai operator kompetisi. Derbi Jatim bisa digelar di Stadion GBT dan Bonek membatalkan demo yang direncanakan.

“Kami sudah mempersilahkan Persebaya menggunakan stadion. Kami juga sudah memberitahu hal ini kepada pihak operator kompetisi,” kata M. Akbar Ansari, utusan Kementerian PUPR setelah menemui para tokoh Bonek, Senin (18/9/2023) malam.

Pihak Pemkot Surabaya yang diwakili oleh Trio Wahyu Bowo sebagai Stadium Manager GBT juga mengatakan hal yang sama.

“Mari kita sama-sama menjaga stadion GBT yang tidak lain adalah aset bersama masyarakat Kota Surabaya,” ujar Trio.

3 dari 5 halaman

Kampanye Positif

Bonek sempat menggelar kegiatan kampanye positif. Itu dimulai dari rapat dengan jajaran kepolisian menyampaikan pesan damai di media sosial, sampai memberikan bunga mawar untuk pengguna kendaraan ber-TNKB N.

Sejak beberapa pekan terakhir, sudah muncul kabar bahwa Persebaya kemungkinan tak bisa menjamu Arema di Surabaya. Hal itu menimbulkan pertanyaan mengingat Bajul Ijo tidak sedang mendapat hukuman atau sanksi partai usiran.

Insiden Kanjuruhan 1 Oktober 2022 lalu memang masih menyisakan trauma bagi pecinta sepak bola. Kini, muncul alasan untuk “menjegal” Persebaya dengan menggunakan Piala Dunia U-17 2023 agar Derbi Jatim tidak digelar di Stadion GBT.

Rivalitas Bonek dengan Aremania memang masih terus menjadi sorotan. Padahal, Bonek sendiri sudah gencar melakukan kampanye secara terbuka di media sosial untuk mengurangi potensi gesekan dengan Aremania.

4 dari 5 halaman

Hilangkan Rasisme

Yang jadi catatan adalah tidak ada lagi rasisme dan ujaran kebencian yang sifatnya provokatif dalam bentuk apapun baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Pihak kepolisian juga telah berkomitmen untuk menindak tegas mereka yang provokatif.

“Bonek sudah naik kelas. Tidak perlu ada komentar atau seruan provokatif. Jangan lagi ada ujaran kebencian. Kami yakin Bonek bisa melakukan itu demi sepak bola Indonesia yang lebih baik,” imbuh Husin Ghozali, salah satu tokoh Bonek.

Bonek selama ini banyak menunjukkan perubahan ke arah positif, termasuk menjalin relasi dengan Aremania. Setelah meletusnya Tragedi Kanjuruhan, Bonek mendatangi Aremania di Kepanjen, Malang, dan mendapat sambutan hangat.

Di Surabaya, Bonek juga sempat menggelar doa bersama untuk korban Aremania. Sejauh ini, suporter dengan warna kebesaran hijau itu juga terus menyebar pesan positif agar Derbi Jatim tidak menyulut perseteruan dua kelompok suporter lagi.

5 dari 5 halaman

Posisi Persebaya

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer