Sukses


Gelandang Andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 Sudah Pulih dari Cedera, Segera Comeback?

Bola.com, Solo - Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina, memberikan kabar gembira soal kembalinya gelandang muda Timnas Indonesia U-20, Zanadin Fariz, yang sudah pulih dari cedera.

Sejak pekan lalu, Zanadin Fariz sudah mulai muncul dalam sesi latihan Persis Solo. Ini menjadi kabar gembira bagi Laskar Sambernyawa. Sebab, gelandang berusia 19 tahun itu sempat absen lama karena cedera lutut.

Leonardo Medina mengakui bahwa Zanadin merupakan pemain muda yang punya prospek cerah. Kembalinya pemain yang sempat jadi andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 itu menjadi angin segar.

“Zanadin Fariz adalah pemain muda yang sangat bagus. Saat ini, dia sudah pulih dari cedera. Pada pekan lalu, Zanadin juga sudah bisa kembali berlatih bersama dengan tim,” kata Leonardo Medina.

2 dari 4 halaman

Akan Terus Dipantau

Zanadin Fariz sebetulnya sempat muncul ketika Persis Solo menggelar sesi official training menjelang duel Derbi Jawa Tengah melawan PSIS Semarang pada pekan ke-12 BRI Liga 1 2023/2024.

Akan tetapi, namanya tak muncul dalam daftar susunan pemain yang dibawa Laskar Sambernyawa pada hari pertandingan. Leonardo Medina menjelaskan, pemainnya itu masih harus dipantau perkembangannya sebelum bisa bermain di laga resmi.

“Saya pikir, tahap terakhir proses pemulihan cederanya telah dilewati. Sekarang, Zanadin sudah siap untuk berlatih secara penuh bersama tim,” kata pelatih yang akrab disapa Leo itu.

“Selanjutnya, kami akan terus memantau bagaimana kemajuan yang diperlihatkan Zanadin Fariz di sesi latihan bersama tim,” pelatih asal Meksiko itu menambahkan.

 

3 dari 4 halaman

Batal Tampil di Piala Asia U-20 2023

Cedera parah yang dialami Zanadin Fariz memang mengubur sejumlah impan pemain berusia 19 tahun itu. Sebab, dia sempat diproyeksikan menjadi pemain Timnas Indonesia U-20 pada Piala Asia U-20 2023.

Sayangnya, menjelang laga pertama Timnas Indonesia U-20 melawan Irak U-20 pada laga perdana Grup A Piala Asia U-20 2023, pemain yang akrab disapa Ucil itu justru mengalami cedera.

Setelah menjalani proses pemeriksaan magnetic resonance imaging (MRI), Ucil didiagnosis mengalami total tear anterior cruciate ligament atau ACL. Akibatnya, dia harus naik meja operasi dan absen lama.

Ketika mengalami cedera itu pada medio Maret 2023, Zanadin Fariz divonis absen delapan bulan. Beruntung, Ucil bisa pulih lebih cepat dari perkiraan.

 

4 dari 4 halaman

Jadi Andalan Shin Tae-yong

Zanadin Fariz merupakan salah satu pemain yang ikut mengantarkan Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-23 2023. Ketika itu, babak kualifikasinya berlangsung di Surabaya, Jawa Timur.

Ucil juga menjelma salah satu pemain penting di lini tengah Timnas Indonesia U-20, terutama untuk menggantikan Marselino Ferdinan yang absen di Piala Asia U-20 2023.

Pada turnamen mini internasional sebelum kejuaraan ini, Zanadin memang selalu menjadi pilihan utama Shin Tae-yong untuk menemani Arkhan Fikri di lini tengah. Dia sudah tiga kali bermain sebagai starter, yakni saat bersuai Fiji, Selandia Baru, dan Guatemala.

Video Populer

Foto Populer