Sukses


BRI Liga 1 Persebaya Vs Arema: Jadi Lawan, Ze Valente Putus Komunikasi dengan Sang Ayah

Bola.com, Surabaya - Gelandang Persebaya Surabaya, Ze Valente, bakal menjalani pertandingan emosional di pekan ke-12 BRI Liga 1 2023/2024. Bajul Ijo dijadwalkan menjamu Arema FC di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (23/9/2023).

Ze Valente bukanlah mantan pemain Arema FC. Dia tercatat hanya pernah membela PSS Sleman di Indonesia sebelum bergabung Persebaya. Lantas, apa yang membuatnya duel bertajuk Derbi Jatim ini terasa istimewa?

Pemain asal Portugal itu bakal menghadapi sang ayah, Fernando Valente, yang kini menjabat sebagai pelatih kepala Arema. Demi fokus pada tim sendiri, Ze Valente memilih untuk memutus komunikasi dengan ayahnya.

Pekan lalu, Persebaya dihajar 0-3 oleh Madura United dalam duel bertajuk Derbi Suramadu (17/9/2023). Kini, Ze Valente ingin membawa Bajul Ijo kembali ke jalur kemenangan dengan mengalahkan Singo Edan.

“Setelah pertandingan terakhir dengan Madura saya tidak berkomunikasi lagi dengan ayah saya. Saya berencana tidak akan bicara dengannya karena kami masing-masing fokus. Dia fokus dengan Arema FC, saya di sini fokus dengan Persebaya,” ujar Ze Valente.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Profesional

Ze Valente menegaskan status sebagai keluarga perlu dikesampingkan untuk pertandingan ini. Dia ingin mengalahkan Arema sebagai pemain Persebaya, bukan anak yang menunjukkan pembuktian kepada sang ayah.

“Jadi motivasi saya ingin meraih kemenangan dengan Arema FC, bukan menang dari ayah saya,” ujar pemain berusia 29 tahun tersebut.

Begitu juga soal hubungan keluarga, Ze Valente menyebut tidak ada kaitannya sama sekali di pertandingan ini.

3 dari 4 halaman

Ditonton Ayah

Menariknya, Fernando Valente sempat datang ke pertandingan antara Persebaya melawan Borneo FC pada pekan ke-11 lalu di Stadion GBT (3/9/2023). Dia datang dengan memanfaatkan statusnya sebagai keluarga Ze Valente.

“Tidak akan mempengaruhi. Ketika di lapangan, saya bicara pada diri saya sendiri, fokus bisa memberi kemenangan pada Persebaya, tidak ada yang lain,” imbuhnya.

Ze Valente sudah paham dengan permainan yang akan diperagakan Fernando Valente bersama Arema. Ini tentu menjadi keuntungan bagi Persebaya. Dia bahkan membocorkan informasi mengenai sang ayah yang bakal menjadi lawannya nanti.

“Saya tahu tentang gaya permainan dia. Saya pernah bertemu dengan ayah saya, juga pernah bekerja dalam satu tim dengan ayah saya. Jadi sedikit banyak saya tahu cara bermain ayah saya” ungkap Ze Valente.

“Sebisa mungkin informasi yang saya tahu akan saya bagikan, kalau pelatih bertanya saya akan membantu agar bisa memenangkan pertandingan di hari Sabtu nanti,” imbuh pemain berusia 29 tahun itu.

 

4 dari 4 halaman

Pengaruh Fernando Valente

Di bawah arahan Fernando Valente, Arema perlahan mampu bangkit dari keterpurukan. Total tiga laga dilakoni pelatih asal Portugal itu bersama Singo Edan dan hasilnya mampu membukukan dua menang serta satu seri.

Derbi Jatim edisi ini sempat menyita perhatian karena Persebaya terancam tak bisa menjamu Arema di Stadion GBT. Pada akhirnya, Bajul Ijo batal terusir setelah melewati drama yang melibatkan Piala Dunia U-17 2023.

Video Populer

Foto Populer