Sukses


3 Pemain Uzbekistan yang Kariernya Lumayan Apik di Liga Indonesia: Ada yang Bertahan Sampai Sekarang

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-24 akan berhadapan dengan Timnas Uzbekistan U-24 pada babak 16 besar Asian Games 2022. Laga itu akan digelar di Shangcheng Sports Centre Stadium, Hangzhou, China, Kamis (28/9/2023) sore WIB.

Itu akan menjadi pertemuan pertama Indonesia dengan Uzbekistan di ajang Asian Games. Meski memiliki rekor yang minim di ajang tersebut, singgungan antara sepak bola Indonesia dengan eks Uni Soviet itu cukup besar.

Jika ukurannya soal banyaknya pemain Uzbekistan yang pernah merasakan karier di sepak bola Indonesia, paling tidak sampai saat ini ada delapan pemain dari negeri tersebut yang pernah merasakan sepak bola Indonesia.

Namun, tak banyak yang melegenda. Bola.com menilai ada tiga pemain yang layak mendapatkan status legenda dan pernah bermain di Indonesia. Siapa saja mereka?

2 dari 4 halaman

Artyom Filiposyan

Artyom Filiposyan hanya setahun bermain di Indonesia. Ia memperkuat Persikabo 1973 yang saat itu masih bernama PT Tira-Kabo pada 2020 hingga 2021.

Kariernya di Indonesia tak begitu spesial. Sebab, saat itu Liga 1 juga tak bisa digelar dengan normal karena adanya Pandemi COVID-19.

Namun, Artyom Filiposyan memiliki karier yang membanggakan di Uzbekistan. Ia bahkan mampu mencatatkan 13 caps di Timnas senior negara tersebut.

3 dari 4 halaman

Pavel Solomin

Sriwijaya FC membuat gebrakan pada 2010. Elang Andalas menggaet penyerang Timnas Uzbekistan bernama Pavel Solomin.

Saat itu penampilan Solomin cukup apik. Namun, cedera menghambat kariernya di Palembang. Ia hanya mampu mencetak lima gol dalam 12 laga untuk Sriwijaya FC.

Ketika mencoba pindah ke Persisam Putra Samarinda pada 2011, karier Solomin tak membaik. Ia kemudian meninggalkan Indonesia pada tahun tersebut dan tak pernah kembali.

 
4 dari 4 halaman

Javlon Guseynov

Nama ini menjadi nama Uzbekistan paling familiar di sepak bola Indonesia. Sejak memperkuat Borneo FC Samarinda pada 2019, Javlon Guseynov masih betah sampai sekarang.

Javlon Guseynov pun sempat empat tahun memperkuat Borneo FC. Ia kemudian memutuskan pindah ke Persita Tangerang pada awal 2023.

Sayangnya, Javlon Guseynov belum pernah merasakan bermain untuk Timnas Uzbekistan senior.

Video Populer

Foto Populer