Sukses


Dua Sujud Syukur Indra Sjafri yang Beda Hasil: SEA Games 2023 Raih Emas, tetapi Kena Prank di Asian Games 2022

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Indra Sjafri, kerap melakukan gestur sujud syukur. Namun, ada dua situasi berbeda dialami Indra Sjafri ketika sujud syukur.

Momen pertama terjadi pada SEA Games 2023. Pelatih berusia 60 tahun tersebut terlihat melakukan sujud syukur, ketika anak asuhnya mencetak gol ataupun meraih kemenangan.

Situasi itu juga terjadi pada partai final, ketika Timnas Indonesia U-22 berhadapan dengan Thailand di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, 16 Mei 2023. Ketika itu, Tim Garuda Muda tengah unggul 2-1 atas Thailand.

Pada menit-menit akhir injury time, wasit terdengar seperti meniupkan peluit berbunyi panjang tanda laga sudah usai. Sontak saja Indra Sjafri langsung melakukan sujud syukur, karena mengira Timnas Indonesia U-22 berhasil mengalahkan Thailand.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Berbuah Medali Emas

Namun ternyata, wasit Kassem Matar Al-Hatmi asal Oman meniupkan peluit untuk memberikan tendangan bebas kepada Thailand. Bola mati yang didapat Thailand justru berbuah gol penyimbang yang disarangkan Yotsakorn Burapha pada menit ke-90+10.

Skor sama kuat 2-2 membuat pertandingan berlanjut ke extra time. Meski berlangsung panas dan wasit sampai mengeluarkan tiga kartu merah, Timnas Indonesia tetap berhasil membungkam Thailand dengan skor 5-2.

Selepas laga, Indra Sjafri merayakan hasil tersebut dengan bersujud syukur, dan Timnas Indonesia U-22 mendapatkan medali emas SEA Games 2022.

 

3 dari 4 halaman

Kembali Kena Prank

Pelatih Indra Sjafri juga melakukan sujud syukur saat memimpin Timnas Indonesia U-24 di Asian Games 2022, termasuk pada partai 16 besar melawan Uzbekistan.

Dalam duel yang berlangsung di Shangcheng Sports Centre Stadium, Hangzhou, China, Kamis (28/9/2023) sore WIB, eks pelatih Bali United itu sujud syukur ketika Ramadhan Sananta membobol gawang Timnas Uzbekistan U-24 pada extra time, tepatnya menit ke-110.

Namun ternyata, Indra Sjafri kembali di prank wasit. Mohammed Ahmed Al-Shammari, wasit asal Qatar yang memimpin pertandingan menganulir gol Sananta. Hakim garis menilai penyerang berusia 20 tahun itu telah berada di posisi offside.

 

4 dari 4 halaman

Indra Sjafri Heran

Hingga akhirnya, Timnas Indonesia U-24 harus mengakui keunggulan Uzbekistan dan takluk 0-2. Hasil tersebut membuat Tim Garuda Muda gagal melenggang ke perempat final Asian Games 2022

"Sampai sekarang, saya tidak tahu mengapa gol Sananta dianulir oleh wasit. Apakah memang offside? Tentu event sebesar ini perlu ada VAR agar keputusan wasit valid offside atau tidak," ujar Indra Sjafri.

Video Populer

Foto Populer