Sukses


BRI Liga 1: Pelatih Persis Kagum dengan Penampilan Pertama Zanadin Fariz Pascasembuh dari Cedera ACL

Bola.com, Solo - Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina, merasa gembira dengan perkembangan yang diperlihatkan salah satu pemain mudanya, Zanadin Fariz, yang baru saja mencatatkan penampilan perdana di BRI Liga 1 2023/2024.

Leonardo Medina akhirnya memberikan kesempatan bermain untuk Zanadin Fariz ketika Persis Solo menjamu Persija Jakarta pada laga pekan ke-14 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (30/9/2023).

Pada laga tersebut, pemain yang akrab disapa Ucil itu tampil sebagai pemain pengganti, tepatnya ketika Laskar Sambernyawa menarik keluar Althaf Indie Alrizky ketika laga menginjak menit ke-73.

Ini menjadi aksi pertama Ucil setelah absen tujuh bulan bersama Persis Solo. Sebelumnya, dia sempat dihantam cedera ACL pada medio Maret 2023 ketika memperkuat Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023.

2 dari 4 halaman

Dapat Pujian dari Pelatih

Penampilan singkat pemain berusia 19 tahun itu pun mendapat apresiasi khusus dari Leonardo Medina. Juru taktik asal Meksiko ini terkesan dengan aksi pertama Ucil setelah berhasil pulih dari cedera.

Menurut pelatih yang akrab disapa Leo itu, Zanadin bermain seperti tak mengalami cedera. Sebab, dia tampak berani dan percaya diri ketika menghadapi duel-duel keras melawan pemain Persija.

“Ya, ini bagus untuk Zanadin Fariz. Dia akhirnya mendapatkan penampilan pertamanya setelah absen enam hingga tujuh bulan karena cedera,” ujar Leonardo Medina.

“Dia bermain bagus, Dia tampil yakin, keras, dan berani. Bagi saya, Zanadin adalah pemain muda yang top. Dia datang dari cedera yang berlangsung tujuh bulan,” dia menambahkan.

3 dari 4 halaman

Menit Bermain untuk Adaptasi

Pada penampilan pertamanya, pemain asal Bekasi itu mendapatkan menit bermain selama 17 menit. Menurut Leonardo Medina, jumlah menit yang diberikan kepada Ucil harus berlangsung bertahap.

Pasalnya, gelandang andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 ini masih harus melewati proses untuk bisa bermain dalam jangka waktu yang lebih lama dalam sebuah laga yang kompetitif.

“Saat melawan Persija Jakarta, kami bermain dengan 10 pemain. Zanadin bermain dalam situasi seperti ini selama sekitar 16 menit,” kata pelatih berusia 52 tahun itu.

“Dia bisa bermain bagus. Saya tidak perlu memberikan dia menit bermain yang banyak karena  saat ini dia baru melewati proses recovery,” bekas asisten pelatih Johor Darul Takzim itu menambahkan.

4 dari 4 halaman

Penantian yang Panjang

Zanadin Fariz sendiri merasa sangat senang dengan penampilan pertamanya ini. Ucil berharap, penampilan pertama ini bisa membawanya menemukan performa terbaik.

“Pastinya saya merasa senang karena setelah saya melewati penantian selama tujuh bulan, akhirnya bisa kembali bermain kembali,” kata Zanadin Fariz seusai pertandingan, Sabtu (30/9/2023).

“Walaupun tidak bermain full, tetapi ini menjadi pelajaran tersendiri bagi saya. Semoga untuk ke depannya saya bisa bermain lebih baik lagi,” imbuhnya.

Video Populer

Foto Populer