Sukses


3 Penjaga Gawang Top yang Layak Jadi Rebutan di Bursa Transfer Paruh Musim BRI Liga 1 2023 / 2024

Bola.com, Jakarta - Sejumlah penjaga gawang menampilkan performa impresif pada BRI Liga 1 2023/2024. Mereka juga layak menjadi rebutan saat bursa transfer paruh musim ini mulai dibuka.

Penampilan ciamik para penjaga gawang ini memang cukup berdampak kepada performa klubnya masing-masing. Mereka tak hanya kerap mengukir catatan clean sheet, tetapi juga menorehkan penyelamatan yang banyak.

Klub yang sementara ini menjadi pemuncak klasemen BRI Liga 1 2023/2024, Borneo FC, juga tak terlepas dari bantuan penjaga gawangnya. Mereka berstatus sebagai kontestan yang paling minim kebobolan.

Meskipun demikian, klub-klub yang berminat untuk mendatangkan para kiper ini harus memberikan tawaran yang menggiurkan. Klub pemilik tak akan begitu saja merelakan kepergian kiper andalannya pada bursa transfer nanti.

Berikut ini tiga penjaga gawang yang layak menjadi rebutan pada bursa transfer paruh musim BRI Liga 1 2023/2024.

-----

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Reza Arya Pratama

Satu kiper di antara yang memiliki kiprah mentereng di putaran pertama BRI Liga 1 2023/2024 ialah Reza Arya Pratama. Penjaga gawang PSM Makassar itu mampu menjadi benteng tangguh bagi Tim Juku Eja.

Dari total 14 pertandingan, Reza berhasil mencatatkan lima kali nirbobol. Ini menjadi jumlah terbanyak kedua. Dari semua penampilannya itu, kiper berusia 23 tahun tersebut juga bisa mengukir total 39 penyelamatan.

Berkat performanya itulah, pertahanan PSM cukup tangguh. Sejauh ini, Tim Juku Eja baru kebobolan 17 gol dari 15 pertandingan. Jumlah ini termasuk terendah keenam di antara seluruh kontestan BRI Liga 1 musim ini.

Jika mengacu penampilannya musim lalu, Reza memang jadi satu di antara kiper terbaik. Dia berhasil mencatatkan 14 clean sheet saat membawa PSM Makassar juara. Jumlah ini hanya kalah dari Andritany Ardhiyasa yang ketika itu mengukir 15 nirbobol.

 

3 dari 5 halaman

Sonny Stevens

Satu di antara kiper asing yang masuk daftar buruan terbaik pada bursa transfer paruh musim ini, ialah Sonny Stevens. Penjaga gawang Dewa United itu punya kiprah yang oke bersama Dewa United.

Dari 14 pertandingan, kiper asal Belanda itu berhasil mencatatkan empat clean sheet. Ini menjadi jumlah terbanyak ketiga di antara seluruh penjaga gawang lainnya di BRI Liga 1 2023/2024.

Yang patut mendapatkan apresiasi dari Sonny ialah jumlah penyelamatannya yang sangat tinggi. Berdasarkan statistik yang dihimpun PT Liga Indonesia Baru (LIB), kiper berusia 31 tahun tersebut sukses mengukir total 59 saves.

Jumlah ini menjadi yang terbanyak kedua dibandingkan semua kiper yang ada. Sonny hanya kalah dari penjaga gawang Bali United, Adilson Maringa, yang menghasilkan 60 saves.

 

4 dari 5 halaman

Nadeo Argawinata

Cukup beralasan jika menyebut Nadeo Argawinata sebagai satu di antara penjaga gawang terbaik yang dimiliki Timnas Indonesia saat ini. Dia mulai kembali konsisten di kompetisi domestik maupun laga-laga internasional.

Bersama Borneo FC, Nadeo jadi tulang punggung penting di sektor pertahanan. Pemain berusia 26 tahun itu posisinya tak tergantikan dari semua pertandingan. Dari 15 laga, Nadeo menghasilkan lima nirbobol.

Tak hanya itu, dia juga menjadi satu di antara kiper dengan catatan saves tertinggi musim ini. Menurut statistik PT LIB, eks kiper Bali United itu berhasil mengukir total 44 penyelamatan.

Aspek inilah yang membuat Borneo FC jadi tim tangguh. Bahkan, Tim Pesut Etam mampu menjadi pemuncak klasemen sementara BRI Liga 1 musim ini. Salah satunya karena mereka punya jumlah kebobolan paling minim dengan 13 gol.

5 dari 5 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer