Sukses


BRI Liga 1: Arema FC Tetap Waspadai PSM meski Tak Lagi Diperkuat Wiljan Pluim

Bola.com, Malang - Arema FC punya hasrat tinggi untuk lepas dari zona degradasi sebelum putaran pertama BRI Liga 1 musim ini rampung. Tim besutan Fernando Valente itu ingin meraih kemenangan dalam dua laga tersisa.

Kedua laga tersebut adalah bersua PSM Makassar dan Madura United. Terdekat, Tim Singo Edan akan bertamu ke markas PSM di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, Sulawesi Selatan, Jumat (20/10/2023).

Meski bermain di kandang lawan, Arema FC punya kans mencuri poin. Saat ini, PSM tidak dalam kondisi bagus karena menelan tiga kekalahan beruntun di BRI Liga 1 2023/2024.

Tak hanya menelan hasil minor, PSM Makassar juga kehilangan Wiljan Pluim yang dilepas pada 8 Agustus 2023. Kini, Pluim resmi bergabung ke Borneo FC.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Pantang Lengah

Kepergian gelandang asal Belanda itu merupakan kehilangan besar bagi PSM Makassar. Selama 7,5 tahun berseragam Tim Juku Eja, Wiljan Pluim turut mempersembahkan trofi Piala Indonesia 2018/2019 dan BRI Liga 1 2022/2023.

Tanpa Pluim, PSM Makassar juga kerap kesulitan merengkuh kemenangan. Kendati begitu, pemain senior Arema FC, Greg Nwokolo, berharap rekan-rekannya tidak lengah.

"Justru harus diingat. Bisa saja mereka ingin membuktikan kalau tetap kuat tanpa Wiljan Pluim. Karena PSM punya karakter fighting spirit tinggi. Apalagi, sekarang main di kandang," kata gelandang Arema FC berusia 37 tahun tersebut.

 

3 dari 5 halaman

Duel Sengit di Lini Tengah

Saat ini, PSM masih punya M. Arfan, Ananda Raehan, Akbar Tanjung, Rasyid Bakrie dan lainnya untuk menghuni lini tengah. Para pemain itu punya karakter petarung.

Situasi tersebut membuat duel PSM Makassar versus Arema FC diprediksi bakal lebih banyak berkutat di lini tengah. "Justru saya lebih senang jika Pluim ada," imbuh Greg.

Alasannya, kehadiran Pluim akan membuat dua tim beradu strategi. Selain itu, tempo permainan tidak akan terlalu tinggi, karena Pluim dikenal sebagai pemain yang tidak banyak berlari di lapangan.

 

4 dari 5 halaman

Menguji Hasil Pemusatan Latihan

Musim ini, kemungkinan Arema jadi tim yang paling sering melakukan pemusatan latihan. Sudah tiga kali Dendi Santoso dkk. menjalaninya.

Terbaru, pemusatan latihan dilakukan di Batu selama tiga hari. Artinya, Tim Singo Edan punya persiapan matang sebelum menantang PSM Makassar.

Laga ini juga dibuat untuk menguji hasil pemusatan latihan Arema FC. Dalam waktu tiga hari, pelatih Fernando Valente berupaya mempertajam serangan timnya.

Sebab, produktivitas gol Arema rendah membuat Fernando kurang puas. Tim Singo Edan baru mencetak 15 gol, dan menadi klub nomor tiga yang punya jumlah gol minim saat ini.

5 dari 5 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Video Populer

Foto Populer