Sukses


Prediksi PSM Vs Arema FC di BRI Liga 1: Gelora BJ Habibie Masih Angker bagi Tim Tamu?

Bola.com, Parepare - Dua tim dengan nama besar bertemu pada laga pekan ke-16 BRI Liga 1 2023/2024. PSM Makassar menjamu Arema FC di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, Sulawesi Selatan, Jumat (20/10/2023). Namun, kedua tim bertemu dalam situasi yang kurang bagus.

Kedua tim sedang terseret ke papan bawah klasemen BRI Liga 1. PSM Makassar yang menjadi juara BRI Liga 1 musim lalu, seperti kehilangan kekuatan. Mereka menelan tiga kekalahan beruntun.

Jenderal lini tengah PSM Makassar, Wiljan Pluim, juga memilih pindah ke Borneo FC belum lama ini. Kondisi ini membuat PSM melorot ke urutan ke-13 dengan 18 poin.

Musim ini Stadion Gelora BJ Habibie juga tidak lagi angker bagi tim tamu. Enam kali bermain di kandang, PSM mengalami tiga kali kekalahan.

Padahal pada musim lalu, dari 17 laga kandang, hanya sekali PSM menelan kekalahan. Kini pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, berupaya mengembalikan keangkeran kandang mereka.

"Kami dalam situasi yang tidak bagus. Pertandingan sebelumnya, banyak membuat peluang, tetapi tidak ada yang menjadi gol," ujar Bernardo Tavares.

"Jadi hasilnya tidak seperti yang kami inginkan, sama seperti Arema. Dalam situasi seperti ini, yang bisa kami lakukan hanya berusaha lebih keras," ujar pelatih asal Portugal itu.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Butuh Dukungan Suporter

Selain itu, Bernardo Tavares meminta bantuan kepada suporter untuk memberikan dukungan di dalam stadion, karena saat prestasi PSM menurun, kondisi tribune penonton berangsur sepi.

"Kami pikir persoalan kami seperti bola salju, membesar menjadi hal-hal yang sulit, termasuk ada pemain yang mengalami cedera. Jadi kami harapkan suporter untuk tetap memberikan dukungan," ujar Bernardo Tavares.

"Musim lalu, atmsofernya luar biasa di liga, dan tolong lakukan itu sekarang. Datang ke stadion berikan dukungan, karena itu sangat berarti dan menjadi energi ekstra untuk pemain," lanjutnya.

Dari segi teknis permainan, PSM berupaya memperbaiki sistem pertahanan dan penyerangan. Lantaran dalam tiga laga beruntun, mereka hanya bisa mencetak satu gol. Hilangnya Ramadhan Sananta dan Wiljan Pluim kini sangat terasa.

Namun, PSM sebenarnya masih memiliki Yakob Sayuri, Everton Nascimento, Kenzo Nambu, dan beberapa nama lain. Hanya tinggal mencari roh permainan menggantikan peran Pluim.

3 dari 5 halaman

Kondisi Serupa Arema FC

Kondisi tak jauh berbeda juga dialami Arema FC. Permainan mereka kurang tajam. Dalam laga terakhir, Arema FC kalah 0-1 dari Borneo FC. Padahal ada sejumlah peluang yang didapat, tapi tak berbuah gol.

Selain itu, Singo Edan tidak bisa tampil dengan komposisi terbaik. Dua pemain senior Ahmad Alfarizi dan Dendi Santoso absen karena alasan berbeda. Alfarizi cedera, sedangkan Dendi menjalani larangan bermain.

Selain itu, dua pemain yang sempat jadi langganan timnas Indonesia, Evan Dimas dan M. Rafli juga belum pulih dari cedera dan sakit. Hal ini dikeluhkan pelatih Fernando Valente. Setiap pertandingan dia tak bisa menurunkan komposisi terbaik.

“Sejak awal perjalanan kami tidak mudah. Selalu ada masalah di setiap pekan. Kami tidak tahu kenapa. Mungkin ini karena perencanaan klub yang dikerjakan sebelumnya,” jelasnya.

Tak hanya itu, ternyata Fernando juga melihat ada kendala fisik di timnya. Itu baru diketahui setelah pemusatan latihan tiga hari di Batu.

“Namun, kami berada di tim kepelatihan untuk mencari solusi. Apalagi lawan PSM jadi pertandingan yang sangat penting. Kami harus bisa dapat hasil bagus meski ada masalah di lineup pemain,” keluh mantan pelatih Shakhtar Donetsk U-19 itu.

4 dari 5 halaman

Prakiraan Susunan Pemain dan Prediksi

  • PSM Makassar (4-3-3): Reza Arya (kiper); Erwin Gutawa, Safrudin Tahar, Yuran Fernandes, Yance Sayuri (belakang); M. Arfan, Akbar Tanjung, Ananda Raehan (tengah); Yakob Sayuri, Everton Nascimento, Kenzo Nambu (depan).
  • Pelatih: Bernardo Tavares.
  • Arema FC (4-4-2): Julian Schwarzer (kiper); Rifad Marasabessy, Bagas Adi, Ichaka Diarra, Achmad Maulana (belakang); Ginanjar Wahyu, Charles Raphael, Jayus Hariono, Charles Lokolingoy (tengah); Dedik Setiawan; Gustavo Almeida (depan).
  • Pelatih: Fernando Valente.

Jumat, 20 Oktober 2023

Kick off: 19.00 WIB

Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, Sulawesi Selatan

Prediksi Bola.com: PSM Makassar 50:50 Arema FC

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer