Sukses


3 Catatan Arema FC Vs Persik di BRI Liga 1: Panggung Penggawa Anyar, Ze Valente Paling Memukau

Bola.com, Gianyar - Persik Kediri kembali merontokkan Arema FC pada BRI Liga 1 2023/2024. Dua pertemuan musim ini, Macan Putih mencakar Singo Edan. Jika pada Derby Jatim jilid I di Kediri, Persik menghajar rival bebuyutannya itu 5-2.

Keperkasaan pasukan Marcelo Rospide diulangi ketika menjinakkan tim asuhan Fernando Valente 0-1 pekan ke-20 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali, Senin (27/11/2023).

Gol tunggal dari sundulan kepala Anderson do Nascimento menit ke-73 memupus pelampiasan dendam Arema FC. Tambahan poin absolut itu mengantar Persik ke peringkat ketujuh dengan koleksi 29 angka. Sementara Arema FC masih terbenam di zona degradasi masih tetap dengan 16 poin.

Duel itu menjadi panggung bagi lima pemain anyar. Meski mereka tak tampil sebagai starter. Persik Kediri menjajal tiga penggawa barunya, sedangkan Arema FC mencoba melihat aksi dua sosok impornya. Berikut tiga fakta yang mewarnai laga sengit tersebut.

2 dari 4 halaman

1. Ze Valente Paling Impresif

Di antara pemain gres itu, penampilan Ze Valente paling impresif. Gelandang asal Portugal itu bermain 23 menit menggantikan Adi Eko Jayanto.

Pemain pinjaman dari Persebaya itu memberi assist dari tendangan sudut yang dimanfaatkan dengan sundulan kepala Anderson do Nascimento. Ze Valente pun meraih rating tertinggi pada pertandingan ini.

Irfan Bachdim juga beraksi sejak menit 66 untuk menggeser posisi M. Supriadi. Sedangkan bek muda Achmad Nuri Fasya mengisi peran Simen Lyngbo yang ditarik keluar menit 79.

Arema FC menurunkan Julian Guevara sejak kick off pertandingan. Sementara Gilbert Alvarez hanya menginjak rumput selama lima menit setelah menggantikan Ahmad Figo.

3 dari 4 halaman

2. Petaka Kartu Merah Jayus Hariono

Kekuatan Arema FC langsung pincang pada menit 49. Ini akibat Jayus Hariono diganjar kartu kuning kedua yang berbuntut pengusiran dari permainan.

Padahal selama babak pertama Jayus Hariono menjadi filter lini tengah tangguh bagi Arema FC untuk menghadang pergerakan Renan Silva. Dampaknya paruh pertama Arema FC juga menguasai permainan. Pengusiran Jayus juga akibat tekel keras yang dilancarkan ke kaki gelandang asal Brasil itu.

 

4 dari 4 halaman

3. Pelatih Arema FC Di-KO Anaknya Lagi

Duel kontra Persik ini menjadi pertemuan kali kedua bagi pelatih Arema FC, Fernando Valente dengan anaknya, Ze Valente. Jika putaran pertama lalu Ze masih membela Persebaya, tapi kali ini dia berbaju Persik.

Yang menarik dari dua pertemuan itu Ze Valente membuat Fernando masygul. Karena gelandang berkaki kidal itu selalu tampil apik. Dia ikut mencetak satu gol ketika Persebaya menjegal Arema FC 3-1. Ze juga jadi aktor terjadi gol kemenangan Persik atas Arema FC.

Tak heran, jika sebelum laga digelar Fernando Valente berharap dan berdoa agar Persik tak menurunkan anaknya itu. Tapi siapa sangka, Ze tetap ditampilkan dan bikin assist penting.

Video Populer

Foto Populer